Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Profile for Dennis (13307002)

  • OFFLINE
  • Rank: Fresh Boarder
  • Register Date: 17 Sep 2010
  • Last Visit Date: 10 Oct 2010
  • Time Zone: GMT +7:00
  • Local Time: 03:08
  • Posts: 13
  • Profile Views: 1121
  • Karma: 0
  • Location: Unknown
  • Gender: Unknown
  • Birthdate: Unknown

Signature

Posts

Posts

emo
Bung Yatrizal, menurut Bung Yatrizal sendiri di Indonesia jenis biogas yang paling berpotensi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat apa???
Biogas
Category: Bioenergi
emo
Hmm, kelihatannya anda belum dapat menangkap maksud pertanyaan saya... Maksud saya, saya minta contoh kasus penggunaannya di dalam kehidupan sehari-hari. Apakah dapat dikombinasikan dengan BIOGAS kotoran sapi untuk di mesin diesel? Dari Post2 teman-teman anda yang saya baca itu hanya dijelaskan sekilas namun tidak ada contoh kasus real di masyarakat. Kalau boleh saya minta tolong diberikan..
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
Mba Momon, kira-kira pengolahan CBM ini bagaimana ya prosesnya yang sudah dikembangkan hingga akhirnya dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia, salah 1 contoh aplikasinya di kehidupan kita sehari-hari?Apakah sama dengan pengolahan gas-gas metan yang sudah dikembangkan di beberapa negara saat ini?
"Coal Bed Methan" Be ...
Category: Bentuk Energi Baru
emo
Bang Agil, pompanya itu dari mana sumber energinya kira-kira kalo di sistem Mas ini???terima kasih...
Ocean Thermal Energy ...
Category: Laut
emo
Bung Atenk, memang sejauh ini pemanfaatan energi panas bumi di Indonesia sudah dimanfaatkan untuk apa saja???Apakah Efisiensi dari plant cukup tinggi???terima kasih
Geothermal, Clean En ...
Category: Panas Bumi
emo
Kak Justin Fuel Cell di Indonesia hingga saat ini sudah dimanfaatkan untuk apa saja?? terima kasih
Penelitian Fuel Cell ...
emo
Bang BC bisa tolong tunjukin realisasinya di Indonesia ini sampai mana?? atau hanya omong kosong belaka????terima kasih
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
Untuk pertanyaan Mbak Agil mengenai biaya instalasi sebesar Rp 7.300.000,00 (mesin diesel = Rp 2.500.000, conversion kit+mixer = (Rp 4.800.000)), hanya saja masih dapat lebih murah sebetulnya (harga dapat ditekan dari conversion kit+mixer hingga Rp 800.000,00 namun kembali lagi ke faktor kualitas)

Lalu untuk Break Even point akan saya ambil contoh untuk peternakan skala sedang (hanya memiliki 60 ekor sapi, dan dapat menghasilkan energi sebesar 73,2 kWh) maka BEP dapat tercapai kira-kira 8,7 bulan, rinciannya :
Pendapatan yang kita peroleh itu antara lain :
Listrik PLN sebesar Rp 545/kWh
biaya beban Rp 30.000/kVA
sedangkan biaya pengeluarannya adalah biaya opersional (fixed cost dan variable cost) 1 tahun penuh sebesar Rp 11.184.700,00, terdiri dari
biaya kebutuhan bahan bakar selain biogas : Rp 2.891.000/tahun
perawatan rutin : Rp 125.000,00/tahun
biaya operator : Rp 7.300.000,00/tahun
depresiasi engine : Rp 868.700,00/tahun
biaya investasi dari instalasi untuk kredit bank Rp 1.368.700,00/tahun
sehingga jika kita hitung Break Even Point itu bakalan tercapai kira-kira 8,7 bulan.
Sebetulnya jika kita lihat dari jumlah energi yang dihasilkan memang cukup kecil, namun jika kita gunakan seluruh potensi sapi di suatu daerah, ambil contoh Jawa Tengah yang memiliki sapi perah sebanyak 119026 ekor dan sapi potong sebanyak 13344495(dari data pada tahun 2002) ekor maka energi yang dihasilkannya pun jauh lebih baik.

Lalu mengenai penghematan, artikel yang saya tulis 70% bukan 60%. Kalo mas nanya kenapa kok hanya 70%, salah 1 penyebabnya karena faktor alat, engine diesel itu pada prinsipnya tetap membutuhkan bahan bakar sebagai pengganti busi pada engine biasa (ada di salah 1 mata kuliah di semester 6). Lalu salah 1 alasan lagi karena Biogas itu titik nyala pembakarannya cukup tinggi, sekitar 6450c-7500c, maka dari itu setidaknya dibutuhkan 20% solar sebagai bahan bakar sampingan(dari artikel-artikel yang saya baca di Indonesia paling besar dapat menghemat solar sebanyak 80%).

Kalau mengenai kinerja Biogas di dalam Engine sebetulnya permasalahannya terletak pada suhu awal kompresi dan rasio kompresi mesin, temperature awal kompresi jangan sampai lebih dari 800c agar tidak terjadi pembakaran awal, karena yang masuk itu tidak hanya biogas yang memang memiliki titik nyala pembakaran cukup tinggi, namun juga udara. Lalu rasio kompresi yang diperlukan sekitar 10-12(hal ini sudah jelas dikarenakan titik nyala dari biogas yang besar)

Sedangkan Faktor yang mempengaruhi biogas yang dihasilkan itu antara lain temperature, Ph, nutrisi, faktor konsentrasi padatan kotoran sapi.
Kalau ingin tahu lebih lengkapnya ada di www.docstoc.com/docs/9330653/10022950
GENSET BERBAHAN BAKA ...
Category: Bioenergi
emo
Mba Amel, memang energi yang dihasilkan dari alat-alat di atas ini kira-kira seberapa besar?
Ombak Sebagai Solusi ...
Category: Mikrohidro
emo
Mas Cip, saya mau nanya mengenai mobil yang digerakkan oleh urine. Itu apakah cara kerjanya seperti yang di atas itu atau bagaimana??
Urine sebagai sumber ...
Category: Bioenergi
More
Time to create page: 0.23 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi