Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me
Diskusi seputar energi yang dihasilkan dari sumber bio energi seperti biomass dan biogas.
  • Page:
  • 1

TOPIC: Biogas

Biogas 19 Sep 2010 17:58 #233

Tugas topik khusus
Nama : Yatrizal
Nim : 13307021

BIOGAS


Sejarah Biogas

Sejarah penemuan proses anaerobik digestion untuk menghasilkan biogas tersebar di benua Eropa. Penemuan ilmuwan Volta terhadap gas yang dikeluarkan di rawa-rawa terjadi pada tahun 1770, beberapa dekade kemudian, Avogadro mengidentifikasikan tentang gas metana. Setelah tahun 1875 dipastikan bahwa biogas merupakan produk dari proses anaerobik digestion. Tahun 1884 Pasteour melakukan penelitian tentang biogas menggunakan kotoran hewan. Era penelitian Pasteour menjadi landasan untuk penelitian biogas hingga saat ini.

apakah yang dimaksud dengan biogas?

Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk diantaranya: kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida.Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan maupun untuk menghasilkan listrik.

Kandungan Biogas

Biogas sebagian besar mengandung gas metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2), dan beberapa kandungan yang jumlahnya kecil diantaranya hydrogen sulfida (H2S) dan ammonia (NH3) serta hydrogen dan (H2), nitrogen yang kandungannya relatif kecil.

Biogas sendiri dikenal dalam dua macam yaitu yang seringkali kita sebut sebagai biogas (gas rawa) dan biosyngas.Hal yang membedakannya adalah cara pembuatan dari gas tersebut.Biogas diperoleh melalui fermentasi seperti yang dijelaskan sebelumnya sementara biosyngas merupakan produk antara yang dibuat melalui gasifikasi thermokimia pada suhu tinggi dari material kaya karbon seperti batubara,minyak bumi dan gas alam yang diubah menkadi carbon monoksida (C0).

Proses pembuatan biogas



Pada prinsipnya, pembuatan Biogas sangat sederhana, hanya dengan memasukkan substrat seperti kotoran ternak ke dalam digester yang anaerob yang kemudian akan menghasilkan biogas dan dapat dimanfaatkan seperti untuk kompor gas.

Digester atau reaktor yang digunakan untuk memperoleh biogas pun terdiri atas beberapa jenis,menurut N. Agung Pambudi dalam tulisannya yang dipublikasikan pada website dikti beliau menyebutkan ada tiga jenis reaktor biogas yaitu jenis reaktor kubah tetap (fixed dome),jenis floating drum dan jenis balon.
video berikut dapat menjelaskan secara sederhana cara pembuatan biogas




Jenis-jenis digester atau reaktor biogas

1. Fixed dome plant

Pada fixed dome plant, digesternya tetap. Penampung gas ada pada bagian atas digester. Ketika gas mulai timbul, gas tersebut menekan slurry ke bak slurry. Jika pasokan kotoran ternak terus menerus, gas yang timbul akan terus menekan slurry hingga meluap keluar dari bak slurry. Gas yang timbul digunakan/dikeluarkan lewat pipa gas yang diberi katup/kran.

2. Floating drum plant

Floating drum plant terdiri dari satu digester dan penampung gas yang bisa bergerak. Penampung gas ini akan bergerak keatas ketika gas bertambah dan turun lagi ketika gas berkurang, seiring dengan penggunaan dan produksi gasnya.

3. Jenis Balon

Reaktor balon merupakan jenis reaktor yang banyak digunakan pada skala rumah tangga yang menggunakan bahan plastik sehingga lebih efisien dalam penanganan dan perubahan tempat biogas. reaktor ini terdiri dari satu bagian yang berfungsi sebagai digester dan penyimpan gas masing masing bercampur dalam satu ruangan tanpa sekat. Material organik terletak dibagian bawah karena memiliki berat yang lebih besar dibandingkan gas yang akan mengisi pada rongga atas.

Keuntungan penggunaan biogas

-Biogas merupakan energi tanpa menggunakan material yang masih memiliki manfaat termasuk biomassa sehingga biogas tidak merusak keseimbangan karbondioksida yang diakibatkan oleh penggundulan hutan (deforestation) dan perusakan tanah
- Energi biogas dapat berfungsi sebagai energi pengganti bahan bakar fosil sehingga akan menurunkan gas rumah kaca di atmosfer dan emisi lainnya.
- Metana merupakan salah satu gas rumah kaca yang keberadaannya duatmosfer akan meningkatkan temperatur, dengan menggunakan biogas sebagai bahan bakar maka akan mengurangi gas metana di udara.
- Limbah berupa sampah kotoran hewan dan manusia merupakan material yang tidak bermanfaaat, bahkan bisa menngakibatkan racun yang sangat berbahaya. Aplikasi anaerobik digestion akan meminimalkan efek tersebut dan meningkatkan nilai manfaat dari limbah.
- Selain keuntungan energi yang didapat dari proses anaerobik digestion dengan menghasilkan gas bio, produk samping seperti sludge. Meterial ini diperoleh dari sisa proses anaerobik digestion yang berupa padat dan cair. Masing-masing dapat digunakan sebagai pupuk berupa pupuk cair dan pupuk padat.

referensi

riekonaicha.co.cc/2010/03/pembuatan-biog...apai-swadaya-energi/
Pambudi Agung N.2008.PEMANFAATAN BIOGAS SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF.DIKTI
www.dikti.org/?q=node/99
id.wikipedia.org/wiki/Biogas
netsains.com/2008/03/menyulap-biomassa-menjadi-energi/
www.habmigern2003.info/biogas/biogas.html


semoga bermanfaat

  • Posts:2
  • yatrizal
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE

Re:Biogas 19 Sep 2010 18:26 #234

Bung Yatrizal, menurut Bung Yatrizal sendiri di Indonesia jenis biogas yang paling berpotensi untuk dimanfaatkan oleh masyarakat apa???

  • Posts:13
  • Dennis
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE

Re:Biogas 20 Sep 2010 08:13 #250

bung denis...karena latar belakang geografis dan juga negara kita yang agraris dan berbasiskan peternakan maka mungkin dari hasil limbah pertanian dan peternakan seperti dari kotoran sapi...

  • Posts:2
  • yatrizal
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.12 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi