Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar energi yang dihasilkan dari sumber bio energi seperti biomass dan biogas.

TOPIC: Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel

Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel 16 Sep 2010 21:12 #60

Topik Khusus A
Bayu Sentany
13307077


Jarak Pagar

Pengembangan energi alternatif semakin mendesak untuk dilakukan. Alasannya adalah makin meningkatnya harga minyak bumi di pasaran dunia dan subsidi bahan bakar minyak yang secara perlahan mulai dilepas oleh pemerintah. Akibatnya, harga mi­nyak menjadi mahal. Oleh karena itu, diperlukan perealisasian penggunaan energi terbarukan biodiesel untuk mengganti BBM.

Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif yang berasal dari minyak nabati sehingga ramah lingkungan dan tidak beracun. Tumbuhan yang bisa digunakan sebagai bahan baku biodiesel salah satunya adalah jarak pagar.

Jarak pagar (Jatropha curcas L., Euphorbiaceae) merupakan tumbuhan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Walaupun telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan racun, saat ini ia makin mendapat perhatian sebagai sumber bahan bakar hayati untuk mesin diesel karena kandungan minyak bijinya. Peran yang agak serupa sudah lama dimainkan oleh kerabatnya, jarak pohon (Ricinus communis), yang bijinya menghasilkan minyak campuran untuk pelumas.

Tumbuhan ini dikenal dengan berbagai nama di Indonesia: jarak kosta, jarak budeg (Sunda); jarak gundul, jarak pager (Jawa); kalekhe paghar (Madura); jarak pager (Bali); lulu mau, paku kase, jarak pageh (Nusa Tenggara); kuman nema (Alor); jarak kosta, jarak wolanda, bindalo, bintalo, tondo utomene (Sulawesi); ai huwa kamala, balacai, kadoto (Maluku).

Berikut adalah gambar tanaman jarak pagar jenis Jatropha curcas L., Euphorbiaceae







Minyak jarak (Jatropha oil) akhir-akhir ini mulai banyak diperkenalkan sebagai energi alternatif biodiesel. Biodiesel tersebut dihasilkan dari minyak yang diperoleh dari biji tanaman jarak yang banyak tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Dan dalam berbagai penelitian tentang minyak yang dihasilkan oleh tanaman ini dalam pembahasan berikut, tampaknya dapat menjadi substitusi bahan bakar diesel.

Jarak pagar mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman penghasil minyak pengganti BBM, karena mempunyai beberapa keunggulan, yaitu antara lain :

1. Relatif mudah dibudidayakan oleh petani kecil, dapat ditanam sebagai batas kebun, dapat ditanam secara monokultur atau campuran (intercropping), cocok di daerah beriklim kering, dapat ditanam sebagai tanaman konservasi lahan, dan juga dapat ditanam dipekarangan atau sekitar rumah, sehingga basis umber bahan bakunya dapat sangat luas.

2. Pemanfaatan biji atau minyak jarak pagar tidak berkompetisi dengan penggunaan lain karena termasuk kelompok non pangan sehingga harganya relatif stabil

3. Proses pengolahan minyak jarak kasar (crude jatropha oil / CJO) atau untuk kebutuhan rumah tangga pengganti minyak tanah sangat sederhana sehingga mudah dilakukan masyarakat tani pada umumnya. Pengolahan bahan bakar motor pengganti solar (biodiesel) juga tidak memerlukan teknologi tinggi (dibandingkan minyak bumi) sehingga investasinya relatif murah.

Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jarak Pagar

Untuk dapat digunakan sebagai sumber energi, minyak jarak perlu diolah. Proses pengolahan minyak jarak untuk menghasilkan biodiesel relatif mudah. Untuk menghasilkan minyak dalam skala kecil (0,5-0,6 ton perawatan hari) cukup dengan mengepres biji jarak yang sudah kering menggunakan mesin diesel satu silinder, sehingga menghasilkan minyak jarak kasardan bungkil.

Tahap selanjutnya adalah menyaring menggunakan mesin penyaring sehingga dihasilkan minyak jarak bersih. Kemudian dilakukan proses pemurnian terhadap minyak jarak yang sudah bersih sampai menghasilkan minyak jarak murni yang siap dijual.

Biodiesel yang diperoleh dari tanaman jarak berupa minyak jarak yang diperoleh dari biji jarak. Biodiesel yang dihasilkan dari tanaman Jarak Pagar merupakan minyak lemak semimulus (semi refined fatty oil), yang telah dibersihkan dari fosfor dan asam-asam lemak. Dalam hal ini fosfor merupakan zat yang merugikan karena mesin diesel dapat mengubah fosfor ini menjadi garam atau asam fosfat yang mengendap menjadi kerak di dalam kamar pembakaran atau terbawa keluar sebagai pencemar udara oleh emisi gas buang.

Pengembangan Minyak Jarak

Pengembangan minyak dari tanaman jarak melalui pendekatan ilmiah di Indonesia, dipelopori oleh Dr. Robert Manurung dari Institut Teknologi Bandung (ITB) sejak tahun 1997 dengan fokus ektraksi minyak dari tanaman jarak. Sejak tahun 2004 yang lalu, penelitian ini mendapat dukungan dari Mitsubishi Research Institute (Miri) dan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) dari Jepang (Kompas, 12/5/2005).

Menghadapi krisis kelangkaan BBM dan kenaikan harga BBM di Indonesia, Pemerintah mulai menggali sumber-sumber energi alternatif. Minyak jarak ini pun mulai mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Setelah dirintis oleh ITB kemudian diikuti oleh IPB, dan selanjutnya diikuti oleh lembaga pemerintah pusat yaitu BPPT, dan oleh pemerintah daerah seperti Pemprov. Nusa Tenggara Timur, Pemprov. Nusa Tenggara Barat, Pemkab. Purwakarta dan Pemkab. Indramayu, serta oleh BUMN seperti PT. Pertamina, PT. PLN dan PT. Rajawali Nusantara Indonesia (RNI), semua saling bekerja sama untuk pengembangan minyak jarak sebagai bahan bakar minyak alternatif ini. Tidak ketinggalan Sekolah Menengah Kejuruan bidang pertanian pun akan mengikuti pengembangan minyak jarak ini, untuk bahan bakar minyak alternatif.

Sumber

*gambar menyusul, sudah coba di-attach beberapa kali, tapi fail

kytl2jarakpagar.blogspot.com/
www.irwantoshut.com/info_jarak.html
www.kamusilmiah.com/teknologi/biodiesel-dari-tanaman-jarak/
gbioscience05.wordpress.com/2008/04/20/b...tif-pengganti-solar/
arunals.wordpress.com/2010/01/28/tanaman...penghasil-biodiesel/
Last Edit: 18 Sep 2010 21:03 by Bayu Sentany.

Re: Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel 16 Sep 2010 21:50 #63

wah nice post bece
saya udah sering ngedenger tentang ini, dan cuma sharing aja, saya pernah membaca sebua artikel di sebuah majalah, pertimbangan dari penggunaan tanaman jarak sebagai energi alternatif ini bisa berdampak pada global warming, karena eksploitasi dari tanaman jaraknya sendiri bisa menimbulkan dampak yang tidak sehat pada lingkungan, selain itu kalau tidak salah di meksiko ya, karena eksploitasi dari jarak ini, harga2 buah2an dan tanaman2 lainnya berdampak tinggi, dan ternyata itu langsung menyerang sektor ekonomi negara tersebut hehe cuma sharing aja CMIIW yaaa terimakasih

  • Posts:56
  • Life's Just Too Fun to be Ignored
  • Ilmam Mukhlis
  • Senior Boarder
  • OFFLINE

Re: Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel 16 Sep 2010 22:16 #66

wah nice post bece
saya udah sering ngedenger tentang ini, dan cuma sharing aja, saya pernah membaca sebua artikel di sebuah majalah, pertimbangan dari penggunaan tanaman jarak sebagai energi alternatif ini bisa berdampak pada global warming, karena eksploitasi dari tanaman jaraknya sendiri bisa menimbulkan dampak yang tidak sehat pada lingkungan, selain itu kalau tidak salah di meksiko ya, karena eksploitasi dari jarak ini, harga2 buah2an dan tanaman2 lainnya berdampak tinggi, dan ternyata itu langsung menyerang sektor ekonomi negara tersebut hehe cuma sharing aja CMIIW yaaa terimakasih


wahhh terima kasih mas ilmam atas infonya..
tapi menurut saya pribadi, pengembangan tanaman jarak sebagai bahan baku diesel tidak akan mengakibatkan global warming. kita tidak perlu megeksploitasi tanaman jarak yang sudah tumbuh di suatu tempat, melainkan menanam tanaman jarak di suatu lahan yang khusus disediakan untuk membudidayakan tanaman jarak (tanaman jarak yang khusus digunakan sebagai bahan baku biodiesel).

wahh kalau mengenai pengaruh tanaman jarak terhadap harga buah-buahan dan sayuran lain, saya juga baru dengar

Re:Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel 17 Sep 2010 11:02 #86

Ass. Wr. Wb.

Artikel ini bagus. Namun, gagasan terhadap pemanfaatan tanaman jarak sudah menjadi "trend" pembicaraan untuk setiap kalangan masyarakat. Tidak ada salahnya untuk mengangkat kembali gagasan seperti ini ke rancah perbincangan. Pada artikel tersebut sudah menjelaskan tentang bagaimana perkembangan dari realisasi pemanfaatan tanaman jarak. Hal ini menandakan betapa gagasan tersebut diterima oleh masyarakat dan pemerintah.

Program Pemanfaatan Tanaman Jarak ini bisa dikatakan cukup sukses jika dilihat dari data-data mengenai progresnya. Target produksi yang kian meningkat tiap tahunnya, bertambahnya petani dan lahan-lahan penaman, dan meningkatnya penghasilan ekonomi rakyat kecil dari tahun ke tahun.

Untuk kedepannya, harapannya adalah agar program seperti ini terus dilakukan dan semakin banyak pihak yang terlibat. Sehingga lahan-lahan pembudidayaan tidak hanya terdapat pada beberapa provinsi, melainkan pada banyak provinsi yang layak dan mampu untuk membudidayakan tanaman ini.

Sekian dari Saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terima kasih.

Wass. Wr. Wb.
Save the Earth, Save our Races !
Last Edit: 17 Sep 2010 11:22 by Rizky Fadilla (13307051).

Re:Tanaman Jarak sebagai Bahan Baku Biodiesel 17 Sep 2010 11:11 #88

wah kaget lowh ngeliat komen nya bung kikio panjang banget ternyata itu quote nya doang
btw bung kikio menanggapi komentar anda yang
Program Pemanfaatan Tanaman Jarak ini bisa dikatakan cukup sukses jika dilihat dari data-data mengenai progresnya

bisa di tampilkan data2 nya saya penasaran juga sbenernya dengan perkembangan tanaman jarak ini di indonesia
thank you!

  • Posts:56
  • Life's Just Too Fun to be Ignored
  • Ilmam Mukhlis
  • Senior Boarder
  • OFFLINE
Time to create page: 0.17 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi