Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Profile for Toshi Widarto (toshi133)

  • OFFLINE
  • Rank: Junior Boarder
  • Register Date: 16 Sep 2010
  • Last Visit Date: 01 May 2011
  • Time Zone: GMT +7:00
  • Local Time: 01:16
  • Posts: 21
  • Profile Views: 1213
  • Karma: 0
  • Location: Unknown
  • Gender: Unknown
  • Birthdate: Unknown

Signature

Posts

Posts

emo
aiiih, masih terlalu panas ya bung bento kalo misalnya butuh temperatur operasi 600 derajat celcius..masih belum memungkinkan dipakai sebagai kendaraan (automobile)..

lalu memanaskan katalisnya hingga mencapai temperatur operasi bagaimana caranya y?
Solid Oxide Fuel Cel ...
emo
semoga boleh bahas agak ke teknis..

cuma mau nanya, sinar mataharinya kan gak steady intensitasnya, gimana tuh penanggulangannya?masa tiba2 dingin, terus tiba2 jadi agak anget?

trus diatur suhunya pake apa ya?thermostat? saya masih belum bisa membayangkan sistem pengatur suhu untuk sistem ini bisa tolong dijelaskan?

tambahan :

bagaimana kalau kolektor cahaya mataharinya dibuat sebagai beberapa reflektor kecil yang memusatkan cahaya, mungkin bisa menanggulangi masalah area kolektor yg cukup luas..(ini si baru imajinasi saya)
Air-Conditioner deng ...
Category: Surya
emo
oh, ternyata photocell to electricity baru ke pump toh..

saya kira bisa langsung..

berarti sumurnya gak bisa dalem-dalem ya? kaya sumur standar yang 30 meter dalemnya itu bisa ga ya?
Pompa Air Tenaga Sur ...
Category: Surya
emo
@ mas irsyad

wah boleh tuh itb punya maenan keren di atas PAU..

tapi sistem pembangkitnya apa ya? apakah stirling engines ato rankine standar?

tapi apa gak susah yadi bandung, soalnya akhir2 ini kerjaannya mendung terus

@ mas sandi

iya, tapi papua kan masih bagian dari indonsia yang notabene terletak di garis khatulistiwa, otomatis iklimnya pun akan sama, yaitu tropis, dan iklim tropis itu humiditynya tinggi..

lagi-lagi indonesia harus mencari cara untuk mengakali pembangkit tersebut.. apakah menempatkan mesinnya di sebuah dome kaca benign raksasa yang dikontrol humiditynya?? (ini si hanya imajinasi saya)
solar thermal
Category: Surya
emo
saya mau nanya mbak..sederhana aja..

berapa ya kira-kira harga per meter persegi dari DSSC ini?

mampu nggak kira-kira bersaing secara ekonomis dengan soalr cell konvensional lainnya?

saya kira faktor keekonomisan pembangkit listrik juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting disamping kemampuannya menghasilkan listrik, kalau sulit bersaing dengan solar cell yang lain sepertinya DSSC akan sangat disayangkan mengingat teknologi ini saya rasa sangat menarik, karena memanfaatkan bahan yang terdapat di makhluk hidup untuk membuatnya...

oh ya, nanopori TiO2 nya didapat dari bahan non organik bukan y?
Dye-sensitized Solar ...
Category: Surya
emo
top gan,,

ane suka semboyannya..

sekedar informasi aja ni, mesin stirling tersebut memang efisiensi termal teoritisnya tinggi, tapi untuk diaplikasikan di indonesia saya kira akan bertepuk sebelah tangan..mengingat iklim indonesia yang (sangat) lembab, akan sangat sulit untuk merefleksikan sinar matahari dan memusatkannya ke dalam satu titik..

tapi untuk penggunaan di daerah sub tropis, solar concentrator ini sangat menjanjikan saya kira..
Mesin Stirling, Pemb ...
Category: Surya
emo
Thomas Poernomo wrote:
Wah menarik bgt Tos...jd lebih paham lagi ttg manfaat Hidrogen sebagai sumber energi...tp sy masih bingung cara penyimpanan Hidrogen, soalnya kan atomnya paling kecil jadi susah disimpan
Ohya kl sekarang teknolgi penyimpanan Hidrogen yg terbaru kyk gmn ya?


atomnya paling kecil = susah disimpan.. hmm, saya baru mendengar ada korelasi seperti itu..

kalo teknologi penyimpanan sekarang dimasukkan ke dalam pressurized chamber (kira2 sampe 5000 psi), dengan tekanan segitu, kita bisa dapet hidrogen dalem bentuk cair dan tidak kriogenik (karena penanganan kriogenik cukup sulit dan mahal)..
Category: Bentuk Energi Baru
emo
Narendra Prataksita wrote:
Wah,reaksi kimianya banyak ya

Jadi pakah hidrogen dapat menjadi sumber energi yang mandiri (standalone) karena dari gambar yang dicontohkan dalam Fuelcell, itu memerlukan tambahan input oksigen?


Terima kasih

Bantu-bantu comment ya
Saat ini bukan hanya ada pikohidro atau mikrohidro lho. Tapi ada juga mikronuklir !!
Silahkan kunjungi majalahenergi.com/forum/Bentuk-Energi-Ba...uklir--PLTN-Mini#495


ya begitulah, kemanapun kita berkarnya di bidang energi pasti rumusan kimia bakal ikut juga (makannya kita disebut all in one )

kalo energi mandiri saya kira tidak bisa, karena hidrogen tetap butuh senyawa lain untuk bereaksi..bahkan teknologi fusi nuklir pun masih menggabungkan hidrogen dengan hidrogen berat (tritium) untuk menghasilkan panas..
Category: Bentuk Energi Baru
emo
nah, kalo pembangkit ini baru fit ditempatin buat desa/kota terpencil, ato sebuah pabrik di tempat yang cukup jauh dari jaringan listrik buat indonesia yang punya banyak pulau yang jauh dari "peradaban"..

apalagi desainnya yang bisa dikubur di tanah bakal membuat reaktornya semakin aman, kalaupun ada force majeure, misalnya gempa ato disabotase sampe reaktornya meltdown, ya masih di dalem tanah juga..

listrik sampe 45 megawatt itu bener2 cukup buat nerangin satu kota kecil, ambil contoh kota bontang itu saya kira beban listriknya gak lebih dari 45 megawatt..(pengalaman kp)

saya rasa nuklir mini ini akan lebih baik daripada solar cell untuk saat ini (misalnya dibandingin ama solar cell) walaupun investasi awalnya pasti akan cukup mahal, taruhlah kemampuan solar cell memberikan listrik yg paling bagus dan mahal adalah 1/2 kW/m2, maka akan butuh 90rb m2 permukaan untuk menghasilkan 45 MW..
Semakin Dekat dengan ...
Category: Bentuk Energi Baru
emo






Sebenarnya, hidrogen bukan merupakan sumber energi alternatif yang baru, bahkan sejak abad ke 16 manusia telah berusaha mensintesis hidrogen dari reaksi kimia antara metal dengan asam pekat. Mengapa kita perlu meninjau kembali hidrogen? Kemungkinan pengembangan teknologi penghasil dan aplikasi bahan bakar hidrogen dapat kita bilang hampir tidak terbatas, setiap tahun selalu terdapat inovasi dari teknologi berbasis bahan bakar hidrogen. Disamping hasil sampingan dari hidrogen adalah uap air, HHV (Higher Heating value) dari hidrogen mencapai 61,000 Btu/lb dibandingkan metana (CH4
:pinch: Warning: Spoiler!


2. Gasification
:pinch: Warning: Spoiler!


Hingga cara produksi hidrogen yang masih eksperimental, beberapa diantaranya yaitu :

1. Sunlight for Splitting water Molecule
:pinch: Warning: Spoiler!


2. Water to Hydrogen from Ambient Noise
:pinch: Warning: Spoiler!


Dan kemudian pemanfaatan hidrogen sebagai pembangkit energi, yaitu pada :

:pinch: Warning: Spoiler!


Akan tetapi, dengan teknologi penghasil hidrogen komersial seperti sekarang ini, hidrogen belum dapat dikatakan sebagai sumber energi secara harafiah, seperti layaknya pada reaktor fusi nuklir yang masih jauh dari penggunaan secara publik, dikarenakan untuk membuat senyawa tersebut dari energi radiasi matahari, reaksi biologis, atau energi listrik, membutuhkan energi yang lebih besar daripada energi yang dihasilkan dari pembakaran hidrogen itu sendiri. Hidrogen dapat saja didapatkan dari batu bara, metana ataupun hidrokarbon, tetapi sumber-sumer tersebut tidak dapat diperbarui.
Kandidat terbaik untuk produksi hidrogen adalah biomassa, dikarenakan biomassa sudah menjadi bagian dari siklus karbon di bumi.

Sumber:
:pinch: Warning: Spoiler!


oleh:

Widyawan A. Widarto
13307005
Category: Bentuk Energi Baru
More
Time to create page: 0.32 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi