Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Mesin Stirling, Pembangkit Energi
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar pemanfaatan energi surya
  • Page:
  • 1

TOPIC: Mesin Stirling, Pembangkit Energi

Mesin Stirling, Pembangkit Energi 28 Sep 2010 06:33 #563

Apa itu Mesin Stirling ?

Mesin Stirling adalah mesin pembakaran eksternal yang menggunakan udara atau gas ( helium, hydrogen, nitrogen, methanol dsb) sebagai fluida kerjanya, bekerja berdasarkan prinsip peredaran termodinamika (motor udara panas), ditemukan pada tahun 1816 oleh Robert Stirling, Kilmamock-Skotlandia. Jadi pada mesin Stirling, gas hanya disusutkan dan kemudian dikembangkan dengan pemanasan dari luar.



Sebuah regenerator memungkinkan panas yang dihasilkan disimpan di dalam, sebagian menggantikan energi panas karena sedikitnya alih panas yang dimungkinkan melalui dinding heat-exchanger. Energi panas disimpan di dalam regenerator sementara gas penggerak menyusup ke ruangan yang dingin, dan kemudian dilepaskan sewaktu kembali ke ruangan ekspansi panas. Tenaga terjadi pada temperatur yang tinggi dan konstan, sangat ideal untuk setiap mesin. Kompresi terjadi pada temperatur rendah, dan hampir tidak ada energi panas yang hilang. Tenaga bersih yang dihasilkan adalah akibat perbedaan antara pengembangan gas bertemperatur tinggi dan mengkompresi gas bertemperatur rendah.

Mesin ini dapat membakar setiap bahan bakar padat (solid) atau cairan sebagai sumber pemanasannya. Hal ini menyebabkan mesin stirling sangat menarik, khususnya pada situasi dimana bahan bakar konvensional saat ini sangat mahal dan sulit untuk memperolehnya. Beberapa jenis mesin Stirling , selain demikian efektif juga sangat mudah pembuatannya, sehingga menjadi pilihan yang terbaik untuk sistem pembangkit listrik di beberapa negara berkembang.






Sejarah PengembangannyaMesin Stirling Bertenaga SuryaKonstruksi Reflektor Kleinwachter

Temuan Prof.Hans Kleinwachter yang kemudian disebut Reflektor Kleinwachter memiliki keunikan, yang dapat memangkas biaya pembuatan (dan produksi secara massal) reflektor dalam bentuk parabola dengan ukuran sedang dan besar.

http://leonidas1558.files.wordpress.com/2008/11/mesinstirlingtenagasurya.jpg?w=300



Keunikannya , seperti disebutkan di atas terletak pada reflektornya. Lembaran tersebut dipasang pada suatu teromol, sedemikian sehingga rapat dan tidak terjadi kebocoran.Udara dalam teromol yang tertutup rapat (kedap udara) disedot dengan pompa vakum. Perbedaan tekanan antara atmosfir luar dan dan isi teromol yang vakum, akan menyebabkan lembaran tersebut tertekan ke dalam teromol. Karena ditahan oleh tepi teromol yang berbentuk lingkaran, lembaran itu akan membentuk bidang mirip parabola. Akibatnya terbentuk titik bakar, yang diperlukan reflektor untuk memanaskan dan menggerakkan mesin-generator (genset) Stirling. Unik dan cukup sederhana bukan?!

Sistem mesin-generator Stirling dengan reflektor Kleinwachter, dengan memanfaatkan sinar surya / matahari mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk diadopsi dan diaplikasikan di tanah air. Selain karena sistemnya mengacu kepada pemanfaatan energi alternatif ( & energi terbarukan), mengurangi ketergantungan kita kepada penggunaan energi fosil (minyak & gas bumi) terutama dalam menghadapi krisis energi yang melanda dunia termasuk Indonesia tentunya, yang entah kapan akan berakhirnya.




== Mesin Stirling dengan Reflektor Kleinwachter ukuran besar ==
:pinch: Warning: Spoiler!



Source :
203.190.241.95/showthread.php?t=21999&page=3
greenpowerscience.com/
buildaroo.com/news/article/tessera-solar...e-suncatcher-system/
leonidas1558.wordpress.com/2008/11/28/mesin-stirling/
yefrichan.wordpress.com/2010/05/17/pemba...akan-mesin-stirling/
www.sandia.gov/news-center/news-releases...y-batt/Stirling.html
en.wikipedia.org/wiki/Stirling_Energy_Systems
www.kaskus.us/showthread.php?t=4816145
suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak...g-Pembangkit-Energi-
www.alternative-energy-guide.com/article...and_home_heating.htm
www.alternative-energy-guide.com/article...ngine_your_power.htm


http://majalahenergi.com/media/kunena/attachments/legacy/images/stirling_mini-20100928.jpeg
Attachments:
Save the Earth, Save our races !!

Re:Mesin Stirling, Pembangkit Energi 29 Sep 2010 22:05 #636

top gan,,

ane suka semboyannya..

sekedar informasi aja ni, mesin stirling tersebut memang efisiensi termal teoritisnya tinggi, tapi untuk diaplikasikan di indonesia saya kira akan bertepuk sebelah tangan..mengingat iklim indonesia yang (sangat) lembab, akan sangat sulit untuk merefleksikan sinar matahari dan memusatkannya ke dalam satu titik..

tapi untuk penggunaan di daerah sub tropis, solar concentrator ini sangat menjanjikan saya kira..
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.13 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi