Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar penggunaan angin sebagai pembangkit energi listrik.

TOPIC: Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin

Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin 16 Sep 2010 11:33 #37

Tugas Topik Khusus A
oleh : Ilmam Mukhlis - 13307014


Seperti yang kita ketahui angin adalah salah satu bentuk energi yang tersedia di alam, Pembangkit Listrik Tenaga Angin mengkonversikan energi angin menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin atau kincir angin. Cara kerjanya cukup sederhana, energi angin yang memutar turbin angin, diteruskan untuk memutar rotor pada generator dibagian belakang turbin angin, sehingga akan menghasilkan energi listrik. Energi Listrik ini biasanya akan disimpan kedalam baterai sebelum dapat dimanfaatkan. Belakangan ini angin sudah mulai banyak digunakan dibeberapa negara terutama negara-negara yang memiliki landscape alam yang banyak berhubungan dengan angin.

gambar turbin angin :


proses kerja turbin angin :
sketsa_kincir_angin-20100917.jpg

detail proses kerja turbin angin :


Indonesia merupakan negara kepulauan yang 2/3 wilayahnya adalah lautan dan mempunyai garis pantai terpanjang di dunia yaitu ± 80.791,42 Km merupakan wilayah potensial untuk pengembangan pembanglit listrik tenaga angin. Dengan kondisi alam yang seperti ini dan sudah banyak sekali yang kita dengar tentang dampak positif dari penggunaan energi angin ini terus kenapa tidak kita manfaatkan dengan baik?

Equation

equationn.png

Grafik

grafikangin.png



Jika kita meninjau persamaan di atas, terlihat apabila kita menginginkan jumlah energi yang besar adalah dengan menambah kecepatan angin karena orde 3 dan hal yang dapat dilakukan selain itu adalah memperlebar ukuran baling-balinya karena orde 2. Kembali kepada pertanyaan "kenapa tidak kita manfaatkan dengan baik?". Selama ini turbin pembangkit tenaga angin yang biasa digunakan ada turbin standar seperti yang sudah di tunjukan di gambar pertama, dan turbin tersebut menghasilkan electricity < 10% electricity yang mestinya bisa dihasilkan apabila seluruh udara yang tercakup di diameternya bisa diubah menjadi electricity. Pada persamaan di atas apabila ingin energi yang dihasilkan meningkat, maka salah satu caranya adalah menambah radius cakupan angin. Namun karena baling-baling konvensional sudah mencapai limitnya yaitu diameter 126 meter, tingginya juga sudah lebih dari itu, dan energi yang dihasilkan hanya 7 Megawatt. Sebagai perbandingan, bangunan setinggi itu di pembangkit batubara (cerobong) bisa menghasilkan s.d. 1000 Megawatt. Oleh karena itu berikutnya akan saya tampilkan beberapa turbin alternatif yang bisa lebih efektif dalam segi energi yang dihasilkan.

Turbin Maglev (Magnetic Levitation)

maglev1.jpg

maglev2.jpg

sebagai perbandingan 1 buah maglev turbin > 1000 turbin biasa.


Magenn Air Rotor System

magenn2.jpg

memiliki sistem turbin balon udara, dan bisa menghasilkan sekitar 10.000watt

airborne_wind_dam_with_aerodynamic_transmission.png

bentuk ini dapat mencakup angin yang lebih banyak, hanya saja tidak dapat terbang terlalu tinggi dikarenakan pipa penghubung yang terbatas.


Demikian beberapa alternatif dari alternatif energi tenaga angin ini, mungkin terlihat merupakan alternatif dalam skala yang besar, tapi hasilnya akan lebih terasa daripada kita bersikeras dengan hanya menggunakan turbin biasa
Di Indonesia total kapasitas terpasang dalam sistem konversi energi angin saat ini kurang dari 800 kilowatt. Di seluruh Indonesia, lima unit kincir angin pembangkit berkapasitas masing-masing 80 kilowatt (kW) sudah dibangun. Tahun 2007, tujuh unit dengan kapasitas sama menyusul dibangun di empat lokasi, masing-masing di Pulau Selayar tiga unit, Sulawesi Utara dua unit, dan Nusa Penida, Bali, serta Bangka Belitung, masing-masing satu unit. Mengacu pada kebijakan energi nasional, maka pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) ditargetkan mencapai 250 megawatt (MW) pada tahun 2025.
Semoga postingan ini bermanfaat dan mendapat apresiasi yang baik terimakasih.

Sumber :
Attachments:
Last Edit: 17 Sep 2010 18:03 by Ilmam Mukhlis. Reason: Upload Foto

  • Posts:56
  • Life's Just Too Fun to be Ignored
  • Ilmam Mukhlis
  • Senior Boarder
  • OFFLINE

Re:Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin 16 Sep 2010 12:25 #41

Wah menarik sekali bung piji, saya sebenarnya memang tertarik dgn pembangkit listrik tenaga angin ini. Menurut saya pembangkit ini tidak hanya terbaharukan namun juga artistik (kmrn bru liat foto2 orang luar di tmpt turbin angin keren)

Namun ada hal yang ingin saya tanyakan. Untuk realisasi energi terbaharukan sering kali sumber energi tersebut terletak di wilayah yang jauh dari kota-kota yang membutuhkan listrik. Biaya distribusi listrik tersebut sering kali menjadi mahal akibat jauhnya letak sumber wilayah yang berpotensi pembangkit energi dgn kota2. Untuk pembangkit listrik tenaga angin ini kira2 feasible tidak digunakan diwilayah Indonesia? Dan menarik juga mengacu pada kebijakan energi nasional 250MW pada taun 2025 itu jumlah yang sangat besar untuk turbin angin (tapi ya emg masih lama sih )

Re:Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin 16 Sep 2010 14:26 #45

nice post gan..(disini gak bisa lempar2 cendol si jadi g bisa ngasi GRP..hehe)

tapi ada yg mau ane tanyakan :

bagaimana realisasinya sampe 250 megawatt di Indonesia?

karena yg saya tahu itu angin di daerah khatulistiwa itu relatif tenang (makannya gak ada windmill di indonesia karena anginnya adem ayem..), kalo memang ada beberapa daerah yang anginnya kenceng, seberapa periodik angin itu cukup kenceng buat memutar turbin?kan ada saat dimana dia gak bisa mensuplai energi

berapa persen dari dataran di indonesia yg anginnya cukup kenceng, dan bisa digunakan buat lahan pembangkit ini, mengingat polusi suara dan enviromental impact cukup berpengaruh buat masyarakat sekitar yg tinggal ato ekosistem di daerah itu..?mengigat 250MW itu cukup besar bagi wind power pasti spasinya juga banyak..mungin bisa pake yg magenn system itu, cuma apakah kita mampu bikinnya?IMHO kalo kita udah bisa bikin kan keren tuh, ngurangin duit yg keluar negeri..

trus listrik dari pembangkit ini ga bisa didistribusiin secara luas ya? dalam artian hanya satu kota ato mungkin satu daerah saja yg bisa menikmatinya..

CMIIW

sgitu dulu nanti nanya lagi kalo ada ide lagi..hehe

Re:Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin 16 Sep 2010 19:00 #54

Arianda Akbar wrote:
Wah menarik sekali bung piji, saya sebenarnya memang tertarik dgn pembangkit listrik tenaga angin ini. Menurut saya pembangkit ini tidak hanya terbaharukan namun juga artistik (kmrn bru liat foto2 orang luar di tmpt turbin angin keren)

Namun ada hal yang ingin saya tanyakan. Untuk realisasi energi terbaharukan sering kali sumber energi tersebut terletak di wilayah yang jauh dari kota-kota yang membutuhkan listrik. Biaya distribusi listrik tersebut sering kali menjadi mahal akibat jauhnya letak sumber wilayah yang berpotensi pembangkit energi dgn kota2. Untuk pembangkit listrik tenaga angin ini kira2 feasible tidak digunakan diwilayah Indonesia? Dan menarik juga mengacu pada kebijakan energi nasional 250MW pada taun 2025 itu jumlah yang sangat besar untuk turbin angin (tapi ya emg masih lama sih )


wah terimakasih banyak bung rian pertama tama saya ucapkan hehe
share dong foto2 nya kayanya menarik tuh
oke menanggapi pertanyaan nya, memang melihat penggunaan energi yang paling maksimal terpusat tuh di pulau jawa, dan menurut pandangan saya sendiri di daerah pulau jawa di mana sih yang paling maksimal sumber angin yang kencen? saya pribadi mungkin hanya bisa menyebutkan daerah bandung utara, garut, malang mungkin ilmu saya hanya sebatas itu *sori sotoy
tapi kalo liat di gambar terakhir, salah satu turbin angin ini jadi dia punya sistem meletakan posisi turbin nya ke daerah tinggi yang sudah jelas memiliki arus angin yang lebih kencang, mungkin cara ini yang bisa di gunakan untuk daerah2 dengan penggunaan energinya tinggi, dengan hal ini juga dapat meminimalisir biaya jarak yang digunakan hehe
semoga jawaban saya bisa membantu, dan saya sangat terbuka untuk masukan lainnya terimakasih

  • Posts:56
  • Life's Just Too Fun to be Ignored
  • Ilmam Mukhlis
  • Senior Boarder
  • OFFLINE

Re:Penggunaan Energi Alternatif Tenaga Angin 16 Sep 2010 19:05 #55

Artikel yang sangat menarik bung Ilmam
Berbagai sumber energi alternatif pengganti energi fosil memang harus segera dimanfaatkan

ohiya, apakah ada batas kecepatan angin yang dapat dimanfaatkan? apakah angin yang memiliki kecepatan kencang seperti puting beliung, angin tornado, dll jg dapat digunakan? hehe thanks!
Time to create page: 0.19 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi