Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Profile for Bayu Sentany (13307077)

  • OFFLINE
  • Rank: Fresh Boarder
  • Register Date: 16 Sep 2010
  • Last Visit Date: 18 Sep 2010
  • Time Zone: GMT +7:00
  • Local Time: 08:02
  • Posts: 12
  • Profile Views: 1491
  • Karma: -1
  • Location: Bandung
  • Gender: Male
  • Birthdate: 07 Oct 1988

Signature

Posts

Posts

emo
Dennis wrote:
Bang BC bisa tolong tunjukin realisasinya di Indonesia ini sampai mana?? atau hanya omong kosong belaka????terima kasih


Ilmam Mukhlis wrote:
hahahaha offensive sekali ini bung dennis, ini udah pernah gw tanyain nis coba di cek deh di sebelum2 nya dan udah pernah di jawab oleh bung onta
semoga membantu


Makanya bang dennis disimak dulu ya dari awal thread
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
Rendiza Vataneta wrote:
wah artikel yang sangat menarik bung Bayu, semoga dapat menambah pengetahuan bagi kita semua
ohiya, seberapa luas sih lahan tanaman jarak yang dibutuhkan untuk menghasilkan suatu biodiesel? apakah perlu membutuhkan lahan yang sangat luas? karena misalnya membutuhkan luas tanaman jarak yang beratus-ratus hektar untuk menghasil hanya 1 liter biodisel, sepertinya itu tidak cukup efisien hehe. thankss


terima kasih bung rendiza, saya akan mecoba menjawab.
setau saya, untuk mengganti 20% diesel dengan biodiesel (dari bahan baku jarak pagar), diperlukan total sekitar 3,5 juta hektare luas penanaman
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
syafrina nurwardani wrote:
Nice Post..

Tapi memang rasanya kalau untuk biodiesel gini masih kurang realisasinya ya..
Menurut saya, masalah eksploitasi dan pembabatan hutan sepertinya lebih karena faktor manusianya saja, selama masih ada tempat2 untuk menanam seperti yang disampaikan bece, kenapa harus babat hutan untuk buka lahan?


benar sekali mbak Nina.. penanaman tanaman jarak tidak harus dilakukan dengan pembabatan hutan. hal ini dikarenakan tanaman jarak bisa ditanam di tanah yang kering.. eksploitasi hutan malah akan menyebabkan global warming.. sedangkan, menurut saya pribadi, penanaman tanaman jarak malah dapat memberi dampak positif bagi lingkungan hidup. hal ini dikarenakan tanah yang kering dapat ditanam tanaman jarak. terima kasih
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
wahh nice posting bang rendy..
semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua
Geothermal, Clean En ...
Category: Panas Bumi
emo
Ilmam Mukhlis wrote:
wah jawaban yang sangat diplomatis dan mengacu pada krisis bumi yaitu global warming :2thumbup bece!
tapi sebenernya lahan2 kering itu milik siapa ya ce? apakah birokrasi nya ga sulit kalo kita maen tanem2 aja? biasanya kan permasalahan di indonesia birokrasi nya ce, mohon penerangannya


hmm.. terima kasih saudara ilmam atas pertanyaannya.. masalah kepemilikan tanah kering yang tidak berguna juga akan menjadi sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dalam tajuk "tanaman jarak sebagai bahan baku biodiesel". ibarat ikan yang butuh air, tanaman jarak juga butuh tanah untuk dapat ditanam. di sini diperlukan kerja sama dengan pemerintah. bila pemrintah sudah turun tangan, tanah kosong yang bukan milik pemerintah dapat diperoleh dengan cara dibeli. syukur-syukur tanah kosong tersebut milik pemerintah
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
nais post gan...

btw kalo agan Bece mau menanam jarak di lahan khusus, mau pake lahan dimana ?
mau babat hutan dulu buat buka lahan yah ? ckckck....

terimakasih mbak yuni tas pertanyaannya.. menurut saya pribadi, kita tidak perlu membabat hutan karena hal itu malah akan berdampak pada global warming.. cukup mencari lahan kering saja.. di palembang saja, banyak sekali lahan kering yang terbengkalai tidak digunakan.. mungkin di daerah lain lebih banyak lagi

selain itu, penggunaan biodiesel dari tanaman jarak pagar membuka kemungkinan penanaman kembali lahan-lahan kritis yang ada di Indonesia. saat ini terdapat 13 juta hektar lahan kering di seluruh Indonesia. tanaman jarak pagar merupakan tanaman yang dapat tumbuh di lahan keirng dan kurang subur, maka dengan menggunakan biodiesel di Indonesia, lahan-lahan kering tersebut akan dapat ditanami kembali. terima kasih
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
wah kaget lowh ngeliat komen nya bung kikio panjang banget ternyata itu quote nya doang
btw bung kikio menanggapi komentar anda yang

Program Pemanfaatan Tanaman Jarak ini bisa dikatakan cukup sukses jika dilihat dari data-data mengenai progresnya


bisa di tampilkan data2 nya saya penasaran juga sbenernya dengan perkembangan tanaman jarak ini di indonesia
thank you!


Iya, maaf semaaf-maafnya, itu tadi lupa hapus "quote" nya.

mengenai data, tadi Saya sempat browsing di beberapa situs berikut :

batumarta6.wordpress.com/2009/09/03/40/

ekonomi.tvone.co.id/berita/view/39383/20...mi_masyarakat_kecil/

www.jarakpagar.com/


Terima kasih.


Wah, bung Rizky Fadilla ini sepertinya memang pemerhati masalah jarak. Semoga hasil browsingnya berguna bagi kita semua.
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
Ass. Wr. Wb.

Artikel ini bagus. Namun, gagasan terhadap pemanfaatan tanaman jarak sudah menjadi "trend" pembicaraan untuk setiap kalangan masyarakat. Tidak ada salahnya untuk mengangkat kembali gagasan seperti ini ke rancah perbincangan. Pada artikel tersebut sudah menjelaskan tentang bagaimana perkembangan dari realisasi pemanfaatan tanaman jarak. Hal ini menandakan betapa gagasan tersebut diterima oleh masyarakat dan pemerintah.

Program Pemanfaatan Tanaman Jarak ini bisa dikatakan cukup sukses jika dilihat dari data-data mengenai progresnya. Target produksi yang kian meningkat tiap tahunnya, bertambahnya petani dan lahan-lahan penaman, dan meningkatnya penghasilan ekonomi rakyat kecil dari tahun ke tahun.

Untuk kedepannya, harapannya adalah agar program seperti ini terus dilakukan dan semakin banyak pihak yang terlibat. Sehingga lahan-lahan pembudidayaan tidak hanya terdapat pada beberapa provinsi, melainkan pada banyak provinsi yang layak dan mampu untuk membudidayakan tanaman ini.

Sekian dari Saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terima kasih.

Wass. Wr. Wb.


Wahh terima kasih mas Rizky atas comment-nya. Saya sengaja menarik kembali issue tentang tanaman jarak ke permukaan, karena banayk pihak-pihak yang masih awam dan belum mengerti. Sama seperti Anda, saya juga sangat berharap bahwa ke depannya target produksi bertambah dan semakin banyak pihak-pihak yang terlibat. Untuk itu tentunya sangat diperlukan kerja sama dari semua pihak, termasuk saya dan Anda
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
emo
wahh nice posting saudari ilmam..
saya mau nanya doong, bila tiba-tiba ada angin puting beliung atau suka ada tornado kecil gitu (berarti anginnya kenceng banget).. nah hal itu menguntungkan atau sebaliknya malah merugikan? terima kasih
Penggunaan Energi Al ...
Category: Angin
emo
wah nice post bece
saya udah sering ngedenger tentang ini, dan cuma sharing aja, saya pernah membaca sebua artikel di sebuah majalah, pertimbangan dari penggunaan tanaman jarak sebagai energi alternatif ini bisa berdampak pada global warming, karena eksploitasi dari tanaman jaraknya sendiri bisa menimbulkan dampak yang tidak sehat pada lingkungan, selain itu kalau tidak salah di meksiko ya, karena eksploitasi dari jarak ini, harga2 buah2an dan tanaman2 lainnya berdampak tinggi, dan ternyata itu langsung menyerang sektor ekonomi negara tersebut hehe cuma sharing aja CMIIW yaaa terimakasih


wahhh terima kasih mas ilmam atas infonya..
tapi menurut saya pribadi, pengembangan tanaman jarak sebagai bahan baku diesel tidak akan mengakibatkan global warming. kita tidak perlu megeksploitasi tanaman jarak yang sudah tumbuh di suatu tempat, melainkan menanam tanaman jarak di suatu lahan yang khusus disediakan untuk membudidayakan tanaman jarak (tanaman jarak yang khusus digunakan sebagai bahan baku biodiesel).

wahh kalau mengenai pengaruh tanaman jarak terhadap harga buah-buahan dan sayuran lain, saya juga baru dengar
Tanaman Jarak sebaga ...
Category: Bioenergi
More
Time to create page: 0.30 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi