Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

POTENSI PETIR DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar bentuk energi baru yang dapat dimanfaatkan
  • Page:
  • 1

TOPIC: POTENSI PETIR DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN

POTENSI PETIR DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN 27 Sep 2010 10:49 #491

topik khusus A
rizki ashari
13307120
potensi petir di indonesia sebagai sumber energi terbarukan



Di zaman krisis energy seperti saat ini berbagai sumber energy alternative terus dikembangkan. Sumber energy tersebut juga haruslah memenuhi syarat ramah lingkungan mengingat adanya isu pemanasan global. Memanfaatkan energy petir mungkin adalah hal yang masih asing di telinga kita, namun hal ini mungkin untuk dilakukan. Tahukah anda jika potensi petir di Indonesia sangatlah besar untuk dijadikan sumber energy.
Petir disebabkan oleh adanya muatan listrik diudara, dimasa depan diharapkan setiap rumah memiliki sebuah perangkat diatas atap untuk menangkap muatan listrik tersebut dan disalurkan kedalam rumah sehingga dapat menghasilkan energy yang bersih dan murah.
Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar dari pada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Sebuah sambaran petir berukuran rata-rata memiliki energi yang dapat menyalakan sebuah bola lampu 100 watt selama lebih dari 3 bulan. Sebuah sambaran kilat berukuran rata-rata mengandung kekuatan listrik sebesar 20.000 amp. Sebuah las menggunakan 250-400 amp untuk mengelas baja. Kilat bergerak dengan kecepatan 150.000 km/detik, atau setengah kecepatan cahaya, dan 100.000 kali lipat lebih cepat daripada suara Kilatan yang terbentuk turun sangat cepat ke bumi dengan kecepatan 96.000 km/jam.

Majalah Intisari pada edisi September 2002 mengatakan bahwa petir berarus listrik terbesar terdapat di Indonesia, tepatnya di daerah Depok. PLN Cabang Depok, pada bulan April, Mei dan Juni 2002, mensponsori penelitian untuk mengenali perilaku petir di wilayah kota di selatan Jakarta dengan menggunakan teknologi lighting position and tracking system (LPATS). Tak disangka, para peneliti mendapati arus petir negatif berkekuatan 379,2 kA (kilo Ampere) dan petir positif mencapai 441,1 kA.
Dengan kuat arus sebesar itu, petir mampu meratakan bangunan yang terbuat dari beton sekalipun. Selama ini, Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan sambaran petir cukup tinggi. Kondisi meteorologis Indonesia memang sangat ideal bagi terciptanya petir. Tiga syarat pembentukan petir yaitu udara naik, kelembaban, dan partikel bebas atau aerosol, terpenuhi dengan baik di Indonesia sebagai negara maritim.

Sambaran petir di Depok terjadi hampir sepanjang tahun. Yang tertinggi pada bulan Maret, April, dan Mei, atau pada musim hujan. Sambaran agak mereda di bulan Februari. Warta Kota juga mengutip data yang didapat pada laboratorium di ITB, Jaringan Deteksi Petir Nasional, bahwa Indonesia memiliki hari guruh (hari terjadinya petir dalam setahun) 200 hari. Sementara Brasil 140 hari, Amerika Serikat 100 hari, dan Afrika Selatan 60 hari.

Ketika langit berawan, tidak semua awan adalah awan petir. Hanya awan cumulonimbus yang menghasilkan petir. Petir terjadi karena pelepasan muatan listrik dari satu awan cumulonimbus ke awan lainnya, atau dari awan langsung ke Bumi.
Nah sekarang pertanyaannya bagaimana cara memanfaatkan energy petir yang sangat besar tersebut agar tak terbuang percuma, energy sebesar itu pastilah diciptakan yang maha kuasa untuk suatu tujuan tertentu, tinggal bagaimana kita sebagai manusia untuk memanfaatkannya. beberapa penelitian memang sudah ada yang diarahkan untuk memanfaatkan energy petir, namun penelitian tersebut masih membutuhkan waktu yang panjang untuk mencapai sempurna.

referensi

auliahazza.belajar-islam.com/2005/02/18/...s-ada-di-depan-mata/
www.alpensteel.com/article/51-113-energi...aat-hujan-badai.html
adrishare.blogspot.com/2009/11/sumber-en...rbesar-di-dunia.html
www.republika.co.id/berita/trendtek/sain...energi-mengapa-tidak
bolehtau.wordpress.com/2008/03/10/ctaaar-dahsyatnya-petir/

Re:POTENSI PETIR DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN 27 Sep 2010 13:05 #507

Jadi kita harus bikin penangkap petir ya?

Lalu untuk pemanfaatannya bagaimana ya? Karena energi petir kan bersifat impuls sehingga tidak konstan, apakah perlu menggunakan batere? Lalu apakah penyimpan energi tersebut mampu menerima energi secara tiba-tiba seperti yang bersifat impuls?

Saat ini bukan hanya ada pikohidro atau mikrohidro lho. Tapi ada juga mikronuklir !!
Silahkan kunjungi majalahenergi.com/forum/Bentuk-Energi-Ba...uklir--PLTN-Mini#495

Re:POTENSI PETIR DI INDONESIA SEBAGAI SUMBER ENERGI TERBARUKAN 27 Sep 2010 18:31 #529

Mas Rizkihon Ashari,

Kurang lebih pertanyaan saya sama seperti Naren. Anda tau kan kalo saat ni iklim sudah tidak menetu (adanya pergeseran iklim, dll) akibat global warming? Tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Tentunya petir ini timbul saat cuaca mendung atau hujan, betul? Nah, dengan kondisi iklim (dan tentunya cuaca) yg tidak menentu ini (seperti yg kita rasakan sekarang ini), apakah energi dari petir ini dapat digunakan secara terus-menerus? Jadi kasarnya, apa kita harus nunggu petir datang dulu baru dapet energi listriknya? ataukah petir yg datang sesekali tsb disimpan di baterai misalnya (seperti yg sudah Pak Narendra ungkapkan)? Apakah bisa diprediksikan kapan datangnya petir ini (mengingat cuaca yg ga tentu)?

trims.
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.11 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi