Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Profile for Ginda Bastari (13307103)

  • OFFLINE
  • Rank: Fresh Boarder
  • Register Date: 16 Sep 2010
  • Last Visit Date: 10 Dec 2010
  • Time Zone: GMT +7:00
  • Local Time: 18:11
  • Posts: 10
  • Profile Views: 1406
  • Karma: 0
  • Location: Unknown
  • Gender: Unknown
  • Birthdate: Unknown

Signature

Posts

Posts

emo
Nice share guys,

Walaupun kecil distribusi angin di Indonesia, namun ada kok beberapa wilayah yang masih bisa diharapkan, tetapi wilayah - wilayah itu belum terpetakan dan terdata dengan baik
[TF-2106 Konversi En ...
Category: Angin
emo
Hahaha tapi kalau di Indonesia aspek sosialnya perlu bener2 diperhatikan kang, jangan sampai nanti solar panel yang dipasang, karena tidak tau cara merawatnya langsung rusak atau bahkan langsung dicolong orang dan menjadi korban vandalisme
Vauban Village , Per ...
Category: Surya
emo
Kalo saya di kosan paling menjaga tuh dari yang namanya Vampire Load hehehe, walaupun kecil kalau engga digunakan untuk apa, ya kan?
Mari Berbincang Meng ...
Category: Umum
emo


Energi merupakan modal bagi manusia untuk dapat beraktivitas, permasalahan yang dihadapi saat ini ialah, kebutuhan energi Indonesia saat ini ditopang oleh sumber energi fosil yang selain terbatas (non-renewable) juga bersifat polutif, yang mengancam lingkungan dan langsung maupun tidak langsung akan berdampak bagi kehidupan manusia. Di lain pihak sumber energi terbarukan masih belum mampu menjawab tantangan untuk menghasilkan energi yang murah dan mudah didapat bagi semua lapisan masyarakat.

Untuk itu gaya hidup hemat energi + green mampu menjadi solusi, selain menghasilkan penghematan secara ekonomi juga membantu pemerintah untuk menyediakan pasokan listrik secara lebih menyeluruh

Apakah pendapat dan pengalaman anda mengenai gaya hidup hemat energi?


Bincangkan di sini, yuk!
Mari Berbincang Meng ...
Category: Umum
emo
Justin Pradipta wrote:
Halo juga Mas Agus,

Perkembangan penelitian fuel cell di Indonesia sudah lumayan pesat, nanti tanggal 19 November akan ada workshop fuel cell di Teknik Fisika ITB,
akan hadir para peneliti2 fuel cell seluruh Indonesia yang akan saling berdiskusi.
Silakan datang, kita berbagi lebih lanjut

Cheers,
Waah kmaren ga sempet dateng workshopnya kak Justin
Penelitian Fuel Cell ...
emo
Waw...walaupun disebutnya perkampungan, tapi kalo kayak gini saya rela deh jadi orang kampung
Vauban Village , Per ...
Category: Surya
emo


Distrik Vauban di kota Freiburg, Jerman sangat dicocok disebut sebagai Perkampungan Tenaga Surya. Karena semua rumah hingga perkantoran dalam kawasan ini, semuanya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik mereka.
Dimana layout proyek ini dirancang berdasarkan arah orientasi matahari pada daerah tersebut. Disaat musim panas tiba, sinar matahariyang sangat terik tidak sampai masuk kedalam rumah, namun ketika musim dingin tiba, sinar matahari dapat masuk kedalam rumah dan berfungsi sebagai penghangat pasif.


Sejarah Didirikannya Hunian Tenaga Surya di Distrik Vauban




Rancangan / Desain Hunian Tenaga Surya di Vauban








Berikut ini adalah lima elemen dasar yang harus saling berkaitan satu dengan lainnya dalam rancangan rumah tenaga surya.

1.Pengumpul
kaca jendela yang besar yang berhubungan langsung dengan matahari harus menghadap 30 derajat ke utara dan tidak boleh terhalang oleh bangunan lain atau batang kayu mulai jam 9 pagi sampai 3 sore.

2.Penyerap
dinding, lantai dan partisi merupakan benda - benda yang mampu menyerap panas dan menyimpannya.

3.Thermal mass
Thermal Mass adalah material yang bisa menimpan panas dari energi matahari dan terletak dibalik permukaan benda - benda yang bisa menyerap panas seperti lantai

4.Pendistribusian
panas yang telah dikumpulkan dan disimpan kemudian didistribusikan atau di sirkulasikan dari satu ruangan ke ruangan lain. Metode untuk mendistribusikan ini bisa secara konduksi, konveksi dan radiasi.

5.Pengaturan.
Alat - alat kontrol perlu digunakan untuk memanfaatkan energi yang telah dikumpulkan seperti termostat untuk mengetahui keadaan temperatur sehingga bisa menghidupkan dan mematikan perangkat listrik


Beberapa Gambar Hunian Tenaga Surya di Vauban








Video Hunian Tenaga Surya di Vauban


Vauban Village , Per ...
Category: Surya
emo
Kita memang harus mencari pegangan lain dalam pembangkit energi, terlebih dengan potensi geothermal yang cukup besar di Indonesia, seharusnya lebih terpacu lagi untuk dikembangkan.
Geothermal, Clean En ...
Category: Panas Bumi
emo

Artikel ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Topik Khusus A
Nama: Ginda Bastari
NIM: 13307103




"Drill for oil? You mean drill into the ground to try to find oil? You're Crazy!" - Response to oil pioneer Edwind L. Drake, 1859

Dunia berputar karena minyak. Paling tidak seluruh dunia telah menjadi "pecandu minyak". Sah - sah saja karena minyak memang cairan ajaib yang telah merevolusi dunia kita hingga menjadi seperti sekarang ini. Dengan kebutuhan yang terus meningkat akan minyak, sedangkan persediaannya yang terbatas, banyak yang beralih ke batubara maupun gas alam, namun pesannya masih sama. Terbatas dan Polutif.

Pernahkah anda membayangkan hidup keluar dari bayang - bayang energi fosil? Tidak lagi mengeruk dari perut bumi dan mengotori lingkungan hidup?

Ketika banyak negara terus mencari sumber-sumber energi fosil, satu perusahaan yang berbasis di New Jersey, Amerika Serikat menawarkan satu solusi yang cukup gila, bahkan dipandang menentang hukum fisika.

BlackLight Power (BLP), Inc mengklaim telah menemukan suatu bentuk dari hidrogen, yang disebut hydrino. Dalam The Grand Unified Theory of Classical Physics (GUT-CP), Dr. Mills mengemukakan bahwa dalam eksperimen yang terkontrol, bahan kimia akan bereaksi secara katalistik dengan atom hidrogen menghasilkan ultraviolet plasma yang disebut, hydrinos. BLP mengklaim bahwa hydrino telah diamati secara eksperimen mempunyai tingkat energi dibawah dari apa yang disebut quantum mekanik sebagai, ground state.


Founder BlackLight Randell L Mills

Hidrogen merupakan atom yang paling sederhana, hanya terdiri dari proton dan elektron. Normalnya membutuhkan energi sebesar 13.6 eV untuk memisahkan elektron dan proton saat atom berada pada ground state. Sama Halnya apabila elektron dan proton bergabung untuk membentuk hidrogen pada ground state, akan melepas 13.6 eV energi. Namun, apabila ada tingkatan energi berada dibawah ground state, memungkinkan untuk melepas energi yang jauh lebih besar lagi.

Net energi yang dilepas hidrogen dalam bentuk hydrino diperkirakan 200 kali lebih besar dari pembakaran hidrogen fuel, dengan power density setara dengan pembakaran bahan bakar fosil dan Pembangkit nuklir. Pada situsnya BLP mengklaim telah menciptakan solid fuel yang menggunakan reaksi kimia conventional untuk menghasilkan katalis dan atom hidrogen pada kerapatan reaktan yang tinggi yang akan menghasilkan energi dalam bentuk panas dalam jumlah yang signifikan. Proses penghasilan energi BLP dikatan efisien, bersih, sumber energi yang serba guna. Aplikasi awal dari teknologi ini dipergunakan untuk pemanasan, produksi listrik dan cogeneration ( Produksi listrik dengan waste heat recovery).



Power Plants


Hidrogen didapat sepenuhnya dari air dengan jumlah yang tak signifikan yakni sepersejuta liter per second per killowat listrik, setara dengan 200 kali energi yang didapat relatif terhadap pembakara hidrogen.

Kontroversi

Apakah ada tingkatan energi dibawah tingkatan energi yang paling dasar dari hidrogen? Dan jika memang ada kapan ground state tidak ground state? Kapankah hydrino state ini?
Dr. Mills berargumen bahwa ground bisa menjalani transisi non-radiative menuju tingkat yang lebih rendah lagi dengan bantuan katalis dan dalam prosesnya membebaskan energi. Perdebatan berlanjut terus, namun BLP terus bergerak, tahun 2010 BLP telah mengumpulkan 70 juta dollar dalam bentuk venture capital, dan telah menandatangani kontrak untuk 8 reaktor hidrino dengan perusahaan layanan umum dan swasta dengan kapasitas produksi energi untuk 1 juta rumah.
Lebih lanjut BLP menjanjikan untuk 100 kW power plant dengan waktu operasi 15 tahun, akan mampu menghasilkan listrik kurang dari 1 cent per kWh. Bandingkan dengan 4-5 cent listrik dari fosil fuel sepert batubara, minyak dan gas, 5-7 cent untuk energi nuklir, 4-7 cent untuk hidroelektrik, 5-9 cent untuk tenaga angin, 10-12 cent untuk solar(heating) dan 30-40 cent untuk photovoltaic

Seperti quotes saya pada awal tulisan ini, semua menganggap gila jika anda melakukan sesuatu yang berbeda dan belum diketahui umum, sangat wajar, karena sistem dan referensi yang ada menentang anda, kemungkinan anda gagal atau hanya menimbulkan hoax lebih besar ketimbang anda menjadi penyelamat seluruh dunia, namun BLP terus berjuang untuk menghasilkan solusi bagi dunia, mari berharap dunia bisa berputar lebih nyaman dengan air, bukan dengan minyak.

BlackLight Power, In ...
Category: Mikrohidro
emo
Halo salam kenal, semoga terus konsisten tertarik di bidang energi

halo halo
Category: Perkenalan
More
Time to create page: 0.30 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi