Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Vauban Village , Perkampungan tenaga surya.
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar pemanfaatan energi surya
  • Page:
  • 1

TOPIC: Vauban Village , Perkampungan tenaga surya.

Vauban Village , Perkampungan tenaga surya. 06 Dec 2010 17:47 #814



Distrik Vauban di kota Freiburg, Jerman sangat dicocok disebut sebagai Perkampungan Tenaga Surya. Karena semua rumah hingga perkantoran dalam kawasan ini, semuanya menggunakan tenaga matahari sebagai sumber listrik mereka.
Dimana layout proyek ini dirancang berdasarkan arah orientasi matahari pada daerah tersebut. Disaat musim panas tiba, sinar matahariyang sangat terik tidak sampai masuk kedalam rumah, namun ketika musim dingin tiba, sinar matahari dapat masuk kedalam rumah dan berfungsi sebagai penghangat pasif.


Sejarah Didirikannya Hunian Tenaga Surya di Distrik Vauban


Sejak 1970-an, kota Freiburg telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk menjadi sebuah kota yang ramah lingkungan dengan etika konservasi, perencanaan bertanggung jawab terhadap lingkungan, dan pengembangan energi alternatif – terutamatenaga surya.

Pada tahun 1992, dewan kota mengamanatkan bahwa semua bangunan kota baru harus "rendah energi" bangunan menggunakan kedua komponen surya pasif dan aktif. etika hijau di Freiburg memuncak, karena walikotanya adalah anggota Bundnis 90/Die Grunen (partai hijau Jerman)

The Solarsiedlung (desa surya) yang terletak di Distrik Vauban, Freiburg dirancang oleh Arsitek Rolf Disch. Setiap rumah dianggap sebagai pembangkit listrik mini dengan panel surya. Listrik yang diproduksi oleh semua rumah hingga perkantoran dalam proyek ini membuat Distrik Vauban sebagai proyek pemukiman tenaga surya paling modern di Eropa.


Rancangan / Desain Hunian Tenaga Surya di Vauban








Berikut ini adalah lima elemen dasar yang harus saling berkaitan satu dengan lainnya dalam rancangan rumah tenaga surya.

1.Pengumpul
kaca jendela yang besar yang berhubungan langsung dengan matahari harus menghadap 30 derajat ke utara dan tidak boleh terhalang oleh bangunan lain atau batang kayu mulai jam 9 pagi sampai 3 sore.

2.Penyerap
dinding, lantai dan partisi merupakan benda - benda yang mampu menyerap panas dan menyimpannya.

3.Thermal mass
Thermal Mass adalah material yang bisa menimpan panas dari energi matahari dan terletak dibalik permukaan benda - benda yang bisa menyerap panas seperti lantai

4.Pendistribusian
panas yang telah dikumpulkan dan disimpan kemudian didistribusikan atau di sirkulasikan dari satu ruangan ke ruangan lain. Metode untuk mendistribusikan ini bisa secara konduksi, konveksi dan radiasi.

5.Pengaturan.
Alat - alat kontrol perlu digunakan untuk memanfaatkan energi yang telah dikumpulkan seperti termostat untuk mengetahui keadaan temperatur sehingga bisa menghidupkan dan mematikan perangkat listrik


Beberapa Gambar Hunian Tenaga Surya di Vauban








Video Hunian Tenaga Surya di Vauban


Re: Vauban Village , Perkampungan tenaga surya. 06 Dec 2010 17:49 #815

Waw...walaupun disebutnya perkampungan, tapi kalo kayak gini saya rela deh jadi orang kampung

Re: Vauban Village , Perkampungan tenaga surya. 09 Dec 2010 13:53 #818

abis disana ga jelas juga batasan antara kota dan desa.
bahkan kadang ibu kota negara bagian tuh tidak sebesar kota Bandung seperti, Erfurt ibu kota bagian Thuringen. hehe.
Sepertinya konsep seperti ini bisa di terapkan untuk di daerah-daerah terluar Indonesia, yang notabene menjadi "benteng" negara kita.

terakhir..
Nice Post Gan...
Irsyad Nashirul Haq, M.T.
Lab. Manajemen Energi, Teknik Fisika - ITB

Re: Vauban Village , Perkampungan tenaga surya. 10 Dec 2010 15:57 #821

Hahaha tapi kalau di Indonesia aspek sosialnya perlu bener2 diperhatikan kang, jangan sampai nanti solar panel yang dipasang, karena tidak tau cara merawatnya langsung rusak atau bahkan langsung dicolong orang dan menjadi korban vandalisme
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.13 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi