Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Profile for chairinnas (13307099)

  • OFFLINE
  • Rank: Fresh Boarder
  • Register Date: 20 Sep 2010
  • Last Visit Date: 11 Oct 2010
  • Time Zone: GMT +7:00
  • Local Time: 14:33
  • Posts: 5
  • Profile Views: 655
  • Karma: 0
  • Location: Unknown
  • Gender: Unknown
  • Birthdate: Unknown

Signature

Posts

Posts

emo
Setau gw pe,minyak kelapa sawit ini bagusnya buat mesin diesel, kalo yang lain belom tentu bagus.....
ganti aja motor lo pake diesel pe.....
Lebih Dekat Dengan M ...
Category: Bioenergi
emo
wah bagus juga ini sebagai sumber energi......
Direct Methanol Fuel ...
emo
Kebutuhan akan BBM di dalam negeri belakangan ini meningkat pesat dan mendesak untuk segera disediakan. Penyediaan BBM biasanya dari produksi dalam negeri dan impor luar negeri. Kebutuhan akan BBM ini seakan menjadi bom waktu di Indonesia terhadap kelansungan berbagai kegiatan yang membutuhkan BBM seperti industri. Apalagi produksi BBM dibawah jumlah konsumsinya sehingga memerlukan energi alternatif lain untuk memenuhi kebutuhan akan energi.
Salah satu potensi kekayaan alam yang kita miliki adalah tumbuhan dan tanaman. Bukan hanya kulit, biji, daun, akar dan buah yang memberi manfaat bagi kebutuhan pangan dan papan, tumbuhan dan tanaman juga berpotensi memberi kita kecukupan akan bahan bakar baik untuk industri, transportasi dan kebutuhan masak-memasak dirumah. Bahan bakar dari tumbuhan dan tanaman ini yang kemudian kita populerkan sebagai bahan bakar nabati dengan beragam istilah teknik seperti biomass, biogas, biofuel, biodiesel dan bioethanol plus istilah-istilah yang berupa varian dari istilah dasar tersebut. Salah satunya adalah minyak kelapa sawit dirasa mampu sebagai alternatif pengganti BBM.

Pengolahan Minyak Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit ini biasa digunakan sebagai biodiesel. Pemrosesan minyak kelapa sawit sebenarnya dibagi menjadi dua bagian, yakni pemrosesan untuk mendapatkan minyak yang ada pada sabut kelapa sawit, minyak tersebut dikenal sebagai minyak sawit atau palm oil, dan pemrosesan untuk mendapatkan minyak pada biji kelapa sawit dikenal sebagai minyak biji sawit atau palmed kernel oil. Perbedaannya adalah pada kandungannya. Palm oil banyak mengandung asam lemak jenuh palmitic dan stearic, sedangkan palm kernel oil komposisinya banyak mengan dung asam lemak jenuh lauric dan myristic.

Sifat Fisik Minyak Sawit

Perhitungan Harga Minyak Kelapa Sawit


Harga menjadi salah satu penjamin penarik minat pengguna energi. Harga energi alternatif yang jauh lebih mahal dari energi fossil menyebabkan orang lebih memilih menggunakan energi fossil dan tentu saja energi alternatif ini akan kalah pamor.
Berikut perhitungan harga minyak kelapa sawit
Untuk 1 liter minyak kelapa sawit dibutuhkan 5 kg kelapa sawit.
- Untuk harga kelapa sawit Rp 800,-/kg, maka biaya bahan mentah untuk 1 liter minyak kelapa sawit adalah Rp 4000,-. Biaya prosesnya Rp 2000,- maka biaya 1 liter Rp 6000,-.
- Untuk harga kelapa sawit Rp 1800,-/kg, maka biaya bahan mentah untuk 1 liter minyak kelapa sawit adalah Rp 9000,-. Biaya prosesnya Rp 2000,- maka biaya 1 liter Rp 11.000,-.
Dari perhitungan diatas bisa disimpulkan, bila harga sawit rendah sebaiknya dibuat untuk energi, namun bila harganya sedang tinggi sebaiknya dijual sebagai minyak goreng.

Gambar perbandingan solar(S-100) dan biodiesel(B-100)


Gambar perbandingan crude palm oil dengan minyak solar


Daftar Pustaka
-Partowidagdo, W., Migas dan Energi di Indonesia, Development Studies Foundation(Pertamina), Jakarta, 2009.
-www.ccitonline.com/mekanikal/tiki-print_...cle.php?articleId=49
-Partowidagdo, W.dkk., Agenda 21 Sektor Energi untuk Pembangunan Berkelanjutan, UNDP (United Nations Development Program) dan KLH (Kementrian Lingkungan Hidup), Jakarta, 2000.
-www.bion.cz.cc/fathalaz/biodiesel/cpme-prod/cpome_prod.html
Lebih Dekat Dengan M ...
Category: Bioenergi
emo
salam kenal
saya Chairinnas
Nim 13307099
halo halo
Category: Perkenalan
emo
Topik menariki,saya pernah dengar.
Dari suatu buku yang saya baca cadangan CBM indonesia 2 kali cadangan gas konvensional,nah kalo cadangan(tanpa eksplorasi) minyak bumi indonesia tinggal 22 tahun lagi,gas konvensional 65 tahun, maka CBM ini bisa mencapai 130 tahun,cuma tingkat keberhasilannya masih rendah, karena reservoir CBM perilakunya susah diprediksi tidak seperti reservoir minyak bumi,pemerintah indonesia harus lebih memberikan perhatian dan dana riset buat CBM ini.Mudah-mudahan ini bisa menjadi energi masa depan indonesia.
"Coal Bed Methan" Be ...
Category: Bentuk Energi Baru
More
Time to create page: 0.24 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi