Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar pemanfaatan energi surya
  • Page:
  • 1

TOPIC: Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya

Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya 27 Sep 2010 16:16 #520

Tugas Topik Khusus A
Fahmy
13307018


Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya




Pemanfaatan energi surya (solar energy) sebagai sumber energi alternatif tentunya sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita beberapa tahun terakhir. Selain karena sumber energi ini mudah didapat, energi surya sangat ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi akibat pemanfaatannya. Banyak sekali pemanfaatan energi surya yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, seperti sebagai pembangkit listrik dan sistem penerangan baik di dalam maupun di luar ruangan.

Pengaplikasian sumber energi surya dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari terutama dalam mencukupi kebutuhan energi listrik sebenarnya sangat sederhana. Pancaran sinar matahari ditangkap oleh sebuah panel surya untuk kemudian diubah menjadi energi listrik. Energi tersebut lalu disimpan dalam sebuah baterai yang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk penerangan pada malam hari atau saat pancaran sinar matahari terhalang awan. Kemampuan energi yang dapat dibangkitkan oleh sebuah panel surya sangat bergantung kepada kondisi radiasi sinar matahari.

Karena mudah diaplikasikan dan manfaatnya sangat besar, tercetuslah ide untuk mendesain pembangunan sebuah kota yang seluruh sumber energinya memanfaatkan sumber energi tenaga surya. Ide ini muncul dari pemikiran seorang arsitek asal Jerman bernama Rolf Disch. Walaupun berlatar belakang pendidikan arsitektur, ia cukup peduli dengan pemanfaatan sumber energi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Salah satu bentuk energi yang menarik minatnya untuk dikembangkan adalah sumber energi tenaga surya ini. Untuk mewadahi idenya, mulailah ia mendesain kawasan pemukiman berbentuk kota kecil di kota kelahirannya, Freiburg, Jerman. Prinsipnya dalam mendesain kota ini adalah “Memaksimalkan penggunaan energi surya dan meminimalisasi heat loss (kehilangan panas)”.

Proyek pembangunan kota bertenaga matahari ini diberi nama Solarsiedlung, yang berarti “Desa Matahari”. Solarsiedlung adalah proyek perumahan bertenaga surya paling modern di Eropa. Adapun Solarsiedlung ini merupakan bagian dari suatu pembangunan kota yang lebih besar (mencakup kantor dan blok perumahan) yang bernama Sonnenschiff (solarship). Proyek ini bertujuan untuk mewujudkan sebuah kota yang mandiri dan bersih melalui pembangunannya yang menggunakan pemilihan material yang ramah lingkungan, konsumsi energi yang efisien, pilihan transportasi yang minim polusi, serta metode konstruksi yang tetap mengutamakan kenyamanan penduduk.


Pemukiman Penduduk


Proyek ini meliputi 58 unit rumah yang dirancang dengan bentuk yang modern serta padat tetapi tetap memberikan kenyamanan bagi penghuninya dengan adanya teras dan taman untuk tiap rumah. Tata letak proyek ini didasarkan pada orientasi matahari. Rumah-rumah dibuat bertingkat (2 hingga 3 lantai) dan menghadap ke arah selatan. Jarak antar gedung diatur sesuai kebutuhan untuk memungkinkan radiasi matahari secara pasif menghangatkan rumah serta memberikan insulasi surya.


Salah Satu Sisi Dalam Rumah


Seperti telah dibahas sebelumnya, sumber energi untuk proyek ini hampir seluruhnya disediakan oleh matahari. Oleh sebab itu, Solarsiedlung menekankan produksi energi dari awal dengan menggabungkan serangkaian pembangkit tenaga surya di atap rumah. Bangunan-bangunan di sana juga dibangun sesuai standar Passivhaus, yang memungkinkan proyek ini menghasilkan energi empat kali lipat dari yang dibutuhkan.


Desain Rumah


Rumah-rumah di kawasan ini memiliki atap gudang yang sederhana dengan bentuk yang menggantung sehingga memungkinkan sinar matahari masuk pada musim dingin dan meneduhi bangunan dari pancaran sinar matahari yang menyengat pada musim panas. Bagian atap rumah juga berfungsi sebagai sistem daur air yang memungkinkan air hujan untuk irigasi taman-taman serta mensuplai air untuk kebutuhan toilet. Untuk pemanas pada musim dingin, bangunan rumah menggunakan boiler dengan chip kayu (wood chip) yang memberikan penghematan secara ekonomi karena murah serta polusi yang dihasilkan sangat kecil. Betapa aplikasi sederhana yang memberikan penghematan sumber energi yang besar! Berkaca pada kesuksesan Solarsiedlung di Jerman yang memanfaatkan energi matahari, Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis dengan pancaran sinar matahari sepanjang tahun pasti sangat cocok untuk mengadaptasi desain Solarsiedlung. Selain memodernisasi sistem pemukiman, proyek ini tentunya turut memberikan sumbangan besar dalam pemanfaatan energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.


Sumber:
arsitektur.us/sonnenschiff-solar-city/
en.wikipedia.org/wiki/Sonnenschiff
energisurya.wordpress.com/
kaskus.us/showthread.php?t=5048061
rolfdisch.de/
zigersnead.com/current/blog/post/solarsi...isch/01-11-2008/623/
Last Edit: 27 Sep 2010 23:10 by Fahmy.

  • Posts:7
  • Fahmy
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE

Re:Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya 27 Sep 2010 19:51 #536

Wah menarik sekali yah Mas Fahmy artikelnya.

Saya mau bertanya, bagaimana dengan kebutuhan listrik satu kota ini, misal untuk lampu jalan, lampu perumahan, segala peralatan elektronik, dll di kota ini? apakah pakai pembangkit listrik tenaga surya juga atau bagaimana?

Re:Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya 27 Sep 2010 20:44 #541

sungguh inspiritif skali artikelnya bung..=)..

terus kira2 harga rumah (asumsi tingkat 1 dgn luas 100m2) brpan yaaah ?!?!?*pgn bngun rumah kek gt jdnya..

Re:Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya 27 Sep 2010 22:42 #552

Marissa Ristiyana Utama wrote:
Wah menarik sekali yah Mas Fahmy artikelnya.

Saya mau bertanya, bagaimana dengan kebutuhan listrik satu kota ini, misal untuk lampu jalan, lampu perumahan, segala peralatan elektronik, dll di kota ini? apakah pakai pembangkit listrik tenaga surya juga atau bagaimana?


FYI, satu rumah dapat menghasilkan kebutuhan energi 4 kali lipat dari yang dibutuhkan rumah tersebut, sehingga untuk mencukupi kebutuhan lampu jalan, lampu perumahan, alat-alat elektronik lain tentunya sangat tercukupi. begitu mbak marissa

  • Posts:7
  • Fahmy
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE

Re:Solarsiedlung: Kota Kecil Bertenaga Surya 27 Sep 2010 22:46 #553

Hans Kurniawan wrote:
sungguh inspiritif skali artikelnya bung..=)..

terus kira2 harga rumah (asumsi tingkat 1 dgn luas 100m2) brpan yaaah ?!?!?*pgn bngun rumah kek gt jdnya..


wah pertanyaan yang bagus bung hans karena saya juga tidak mendapat referensi mengenai harga untuk membangun rumah seperti ini. Tetapi perlu diketahui rumah-rumah dalam proyek ini tidak sepenuhnya menjadi milik penghuni, melainkan sharing kepemilikan dengan Freiburg Solar Fund (mungkin badan keuangan yang mendanai proyek ini)

  • Posts:7
  • Fahmy
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.16 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi