Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine


Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar bentuk energi baru yang dapat dimanfaatkan
  • Page:
  • 1

TOPIC: Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global

Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global 27 Sep 2010 20:05 #506

Vebi Gustian
13307065
Teknik Fisika ITB
Last Edit: 27 Sep 2010 20:11 by Vebi Gustian.

Re:Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global 27 Sep 2010 20:25 #509

Menurut Saudara Vebi, dari segi keamanan maupun kemampuan SDM di Indoensia, apakah Indonesia sudah siap untuk menerapkan teknologi ini?



bantu comment dong....
Saat ini bukan hanya ada pikohidro atau mikrohidro lho. Tapi ada juga mikronuklir !!
Silahkan kunjungi majalahenergi.com/forum/Bentuk-Energi-Ba...uklir--PLTN-Mini#495

Re:Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global 28 Sep 2010 00:44 #526

Nuklir mungkin memang solusi yg cukup baik untuk mengatasi krisis energi yg ada di Indonesia. Saya pernah dengar dari Pak Endro kalau ga salah beliau mengatakan bahwa sistem proteksi untuk kebocoran untuk PLTN saat ini sudah jauh lebih baik jika dibandingkan saat terjadi bencana Chernobyl. Selain itu untuk mendirikan PLTN itu sendiri diperlukan ijin dari dunia internasional, jadi tentu pengawasan tentang keamanan PLTN lebih terjamin. Menurut saya yg jadi permasalahan adalah bagaimana cara meyakinkan kepada masyarakat kita bahwa PLTN adalah aman. Kebanyakan masyarakat akan langsung menolak jika kita telah berbicara tentang PLTN karena dalam bayangan masyarakat luas mungkin teknologi nuklir masih berbahaya.

Re:Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global 29 Sep 2010 17:32 #632

Terima kasih tanggapan teman-teman semua, pertanyaan yg saudara naren merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang ketika berhubungan dengan nuklir.Kalau masalah SDM saya rasa Indonesia tidak perlu diragukan lagi, menurut saya kekurangan Indonesia adalah tidak adanya sponsor yang mau membiayai program nuklir.
Nuklir juga merupakan sumber energi yang aman kok asalkan dikelola dengan baik dan benar.
Pemerintah Indonesia sendiri belum mau mensupport pengembangan nuklir sebagai energialternatif karen hampir semua masyarakat kita tidak percaya dengan teknologi nuklir. mungkin sudah menjadi kewajiban kita untuk mulai mensosialisasikan nuklir sebagai energi baru di negara kita.



Vebi Gustian
13307065
Vebi Gustian
13307065
Teknik Fisika ITB

Re:Nuklir : Energi Alternatif Solusi Pemanasan Global 06 Apr 2011 00:51 #893

Maaf pak energi nuklir ini bukan saya tidak setuju sebagai energi alternatif tapi sabarlah jangan dalam waktu dekat ini.mungkin bisa diterapkan 10-20 thn lagi.sebab memang ada progrees untuk faktor keamanan-nya.
sekarang ini dimulai anak bangsa yg memiliki kapasitas untuk dikirim belajar ,dan setelah lulus di arahkan untuk menjadi pegawai/teknisi/team perencanaan/apalah yg ada hubungan nya dengan perusahaan pembangkit energi nuklir di luar negeri(kalau bisa jepang/negara yg punya PLTN banyak).setelah memiliki pengalaman yg cukup dan jumlah ahli yg cukup ,barulah membangun PLTN.
Sebenarnya ada sumber energi yg bagus dan sangat ramah lingkungan dan memiliki energi yg sangat besar yaitu "energi gelombang laut dan arus air laut" yg sekarang lagi banyak di bahas oleh ilmuwan-2 dunia karena ramah lingkungan dan luas laut lebih besar dari daratan.(1Km persegi laut dapat memberi listrik 1 kotamadya katanya).semoga bermanfaat.
salam
Hadi

  • Posts:7
  • hadi
  • Fresh Boarder
  • OFFLINE
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.29 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF
Banner