Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi tentang cara, tips, trik dan penelitian tentang upaya pengehematan penggunaan energi dalam bangunan

TOPIC: Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi

Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi 17 Sep 2010 06:23 #74

Tugas Topik Khusus A
Shelty Juliavionni - 13307050


Akhir-akhir ini, isu untuk mengurangi konsumsi energi di berbagai sektor sedang marak-maraknya dibahas. Sanyo Electric Co, Ltd sebagai salah satu produsen peralatan eletronik dari Jepang, telah mengembangkan teknologi yang menggunakan kamera sebagai pengontrol penyejuk udara (AC) dan pencahayaan (lampu). Sebagai salah satu wilayah dengan konsumsi energi terbesar setelah supermarket/department store,gedung perkantoran adalah wilayah yang cukup sulit dalam hal pengaturan konsumsi AC dan lampu. Hal ini dikarenakan jumlah orang di dalam ruangan yang selalu berubah setiap waktu. Untuk mengatasinya, Sanyo memanfaatkan kamera untuk memantai ruangan kantor dan secara otomatis dapat mengatur nyala AC dan lampunya. Berdasarkan perkiraan, teknologi ini dapat mengurangi konsumsi energi hingga 1.300.000 Yen per tahunnya untuk sebuah kantor dengan ukuran 12.000 meter persegi di Jepang.

Prinsip utama dari kamera ini adalah bekerja dengan system monitor 360 °. Untuk memantau gerakan dalam ruang,, sebuah ruangan berukuran 20 meter persegi harus dibagi menjadi 16 wilayah basis dengan masing-masing terdapat satu kamera. Gambar dari kamera tersebut akan diproses oleh sistem komputer untuk kemudian menentukan berapa banyak orang dan berada di titik mana saja. Selanjutnya, Total Sanyo AC Intelligent Management Systems (STAIMS) akan menyesuaikan konsumsi energi yang optimal.

Pihak perusahaan belum mengungkapkan secara rinci bagaimana cara mereka mendeteksi orang-orang dalam citra, selain menyebutkan bahwa itu didasarkan pada adanya gerakan. Sistem tampaknya akan mengasumsikan bahwa benda bergerak adalah orang. Sistem ini sebenarnya dapat mendeteksi perbedaan antara manusia dan benda bergerak lainnya sampai batas-batas tertentu, namun pihak Sanyo berkomentar bahwa dengan mengabaikan perbedaan tersebut, pengaruh yang dihasilkan tidak besar terhadap total energi efisien ruang perkantoran tersebut.

topsus-20100917.JPG

Gambar 1

Sistem ini dapat mengontrol penyejuk udara dan pencahayaan yang sesuai dengan jumlah perubahan dan lokasi orang, misalnya dengan mengubah nyala atau mati di tempat-tempat kecuali jika ada orang di sana. Sistem pendekatan ini tidak hanya mengurangi keborosan penggunaan AC dan lamanya nyala lampu selama jam kantor, tapi juga mencegah pemborosan yang diakibatkan oleh kebiasaan orang-orang yang lupa mematikannya pada malam hari.

Sistem ini juga mampu mengontrol masuknya udara dari luar, yang merupakan faktor kunci dalam mengubah suhu udara dalam ruangan. Udara luar dimasukkan untuk mencegah penurunan konsentrasi oksigen dalam ruangan, namun banyak pula perkantoran yang hanya menggunakan laju aliran maksimum. Dengan kamera berbasis sistem ini, laju aliran masuknya udara juga dapat dioptimalkan agar sesuai dengan jumlah orang di kantor, meminimalkan kinerja AC, dan lagi-lagi memberikan kontribusi untuk pengurangan konsumsi energi.

Selain mendeteksi orang, kamera juga mampu mengukur cahaya sekitar dengan memanfaatkan fungsi-fungsi yang sudah diimplementasikan ke dalam kamera. Jika titik pengukuran diatur untuk, misalnya desktop, maka data kamera dapat digunakan untuk mengontrol illuminasi untuk mengoptimalkan cahaya pada titik itu.
Hal ini sangat efektif khususnya untuk posisi kerja yang bersebelahan dengan jendela, dimana cahaya dari luar memiliki pengaruh yang paling besar. Karena sensor ada pada sistem kamera dan bukan di desktop itu sendiri, tidak perlu khawatir jika sistem kamera akan mengacaukan dokumen yang tersimpan di desktop.

Sanyo Electric kemudian melakukan penelitian untuk mendapatkan jumlah nyala/mati AC selama 2 hari (Senin dan Selasa) di musim dingin, yaitu dari pukul 8:00-20:00 (total 720 menit). Biasanya AC akan tetap menyala selama periode ini, sehingga total waktu mati (off time) adalah nol menit. Sistem ditetapkan untuk mematikan AC satu menit setelah dideteksi tidak ada orang dalam ruangan dan kembali menyala satu menit setelah mendeteksi keberadaan orang dalam ruangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam periode 720 menit, rasio off time adalah 72,5%, bahkan mencapai maksimum 59,3% selama periode 2 hari tersebut. Total waktu mati untuk seluruh 16 unit AC adalah 3722 menit selama dua hari, dengan rasio rata-rata waktu mati 16,2%.

Sejauh ini, tidak ada keluhan tentang perubahan suhu di ruangan kantor yang disebabkan oleh AC yang nyala dan mati. Hal ini memberikan kesimpulan sementara bahwa sistem setidaknya dapat memberikan kenyamanan yang sama dengan sistem konvensional.

Penerapan sistem ini di Indonesia dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk mengatasi budaya boros energi yang telah mengakar dalam kehidupan sehari-hari.


Selanjutnya, untuk meningkatkan efektifitas, mungkin akan dilakukan perubahan lamanya waktu untuk mati setelah nol orang terdeteksi, atau mungkin beralih ke pengaturan daya yang lebih rendah, bukan mematikannya.

Last Edit: 17 Sep 2010 06:45 by Shelty Juliavionni.

Re: Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi 17 Sep 2010 10:53 #83

menarik sekali shelty nampaknya ini berhubungan dengan TA anda yang berputar pada efisiensi energi sebuah gedung ya? hehe
tapi maw sharing aja ini, kalo dengan penggunaan kamera ini berati mati sensor hanya mendeteksi perubahan posisi dan pertambahan posisi dari orang2 yang ada di dalam ruangan ya? kalo begitu bakalan ada banyak sudut mati dong? dan kalaupun penanggulangan sudut mati ini dengan memperbanyak kamera, berati keluar biaya lagi kan?
kalo menurut hemat saya, penggunaan sensor termal kayanya lebih efektif bu shelty, jadi bakalan lebih sensitif dan ga hanya terpaku pada perubahan posisi manusia, tapi dia juga bakalan cepat tanggap ama perubahan suhu sekitar kalo2 aja cuaca di luar gedung labil hehe CMIIW yaaa thank you

  • Posts:56
  • Life's Just Too Fun to be Ignored
  • Ilmam Mukhlis
  • Senior Boarder
  • OFFLINE

Re:Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi 17 Sep 2010 11:20 #91

Ass. Wr. Wb.

Artikel ini memiliki gagasan penghematan energi yang menarik. Mengapa menarik ? Selain ide yang baru, proses implementasinya pun menimbulkan banyak pertanyaan.
Mungkin pertanyaan dari segi teknis sudah diwakili oleh bung Ilmam. Dari Saya pribadi, hal yang membingungkan adalah bagaimana caranya agar teknologi yang ramah lingkungan tersebut dapat diterima oleh semua negara. Karena dengan kompleksitas dari sistem tersebut, tentu dalam proses instalasi dan maintenance di masa depan akan membutuhkan biaya yang relatif tinggi. Apalagi untuk diterapkan di negara kita ini, mungkin hanya beberapa perusahaan asing yang dapat merealisasikannya. Tapi sekali lagi, artikel ini menarik dengan gagasannya yang masih segar.

Sekian dari Saya, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Terima kasih.

Wass. Wr. Wb.
Save the Earth, Save our Races !
Last Edit: 17 Sep 2010 11:22 by Rizky Fadilla (13307051).

Re: Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi 17 Sep 2010 11:39 #96

Prinsip utama dari kamera ini adalah bekerja dengan system monitor 360 °.


Terima kasih banyak mas ilmam untuk tanggapannya. Seperti yg dituliskan di kalimat atas, prinsip kerja kamera ini berputar 360 derajat, jadi hampir tidak ada sudut mati dalam ruangan.

Saran tentang sensor thermal sepertinya menarik ya, mungkin itu juga merupakan salah satu alternatif sistem yang dapat digunakan ke depannya. Namun memang fokus saya kali ini pada pergerakan manusia. Karena, sebenarnya dengan mendeteksi gerakan, akan lebih mudah mengelompokkan objeknya. Hanya ada 2 pilihan, yaitu bergerak dan diam (CMIIW). Sementara untuk sensor thermal, perlu klasifikasi yang lebih detail mengenai suhu tubuh manusia pada musim panas dan musim dingin, serta panas yang dihasilkan dari peralatan elektronik dalam ruang perkantoran. Hehe..

Salam!

Re:Kamera Pendeteksi Orang, Solusi Penghematan Energi 17 Sep 2010 11:42 #97

Terima kasih mas rizki. Memang perlu kerjasama dan dukungan dari semua pihak ya untuk merealisasikannya. Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya kita mulai mencari tahu. Hehe..

Salam!
Time to create page: 0.15 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi