Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Innovation of Engineering Physics Expo

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Dalam upaya menyalurkan ide-ide kreatif mahasiswa Indonesia untuk menyiasati ancaman kelangkaan persidiaan energi di Negara kita yang semakin menipis, Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika ITB dan Kelompok Keahlian Teknik Fisika ITB merasa perlu untuk membentuk kegiatan yang diharapkan dapat menjadi wadah bertukar ide-ide kreatif dan menghasilkan inovasi yang dapat menjadi solusi untuk beberapa permasalahan energi di Indonesia. Oleh karena itu, dalam rangka memperingati dan turut memeriahkan Ulang Tahun Pendidikan Teknik Fisika di Indonesia ke-60, kami bermaksud menyelenggarakan kegiatan Innovation and Engineering Physics Expo 2010 yang di dalamnya terdapat serangkaian kegiatan (Pameran Karya Teknologi , Lomba Inovasi, Mini Museum Perkembangan Teknologi, dan Pameran Industri) dengan tema PERKEMBANGAN TEKNOLOGI ENERGI.

Sehubunggan dengan hal tersebut, kami mengundang mahasiswa-mahasiswi yang merupakan para inovator muda dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia untuk dapat berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan Lomba Inovasi yang bertemakan TEKNOLOGI ENERGI TEPAT GUNA UNTUK MASA DEPAN INDONESIA . Karya yang dilombakan meliputi inovasi; sistem penggenerasi energi, sistem penyimpanan energi, sistem pengoptimalisasi dan penghematan energi, atau sistem peralatan baru yang dapat melakukan penghematan energi secara signifikan.

Kegiatan lomba inovasi ini dimulai dengan seleksi naskah karya inovasi yang dibuka dari tanggal 23 Agustus sampai 26 September 2010 melalui (keterangan lengkap terlampir). Peserta yang lolos seleksi naskah dapat melanjutkan ke babak final di Kampus ITB Jl. Ganeca no. 10 Bandung untuk mempersentasikan inovasinya di depan juri dan mendapat tempat yang sangat terhormat untuk memamerkan karyanya di Pameran Karya Teknologi IEPE 2010, pada tanggal 4 5 November 2010.

.

Informasi Lomba Inovasi

Karya yang dilombakan meliputi:

  • Inovasi sistem penggenerasi energi,
  • Inovasi sistem penyimpanan energi,
  • Inovasi sistem pengoptimalisasi dan penghematan energi, atau
  • Inovasi sistem peralatan baru yang dapat melakukan penghematan energi secara signifikan.

Kriteria penilan lomba:

  • Aspek Kecerdasan Berinovasi

Memiliki fitur pembeda yang lebih unggul dibandingan dengan teknologi yang serupa dan memikirkan sesuatu solusi yang jarang terfikir oleh orang kebanyakan.

  • Aspek Performansi Karya

Penilaian signifikansi peningkatan kualitas hasil dari teknologi yang Anda buat. Juri akan menilai secara kuantitatif akan performansi inovasi Anda sekarang dan kemungkinan perkembanganya (contoh: perbandingan energi yang bisa dihasilkan dengan biaya yang dikeluarkan, atau berapa persentase energi yang dapat diselamatkan jika dibanding dengan teknologi sebelumnya, dll)

  • Aspek Kegunaan dan Dampak yang Akan Ditimbulkan

Juri akan mempertimbangkan beberapa pengaruh langsung dan tidak langsung dari segala bidang yang akan timbul dari inovasi yang Anda buat, baik itu dampak positifnya maupun dampak buruknya. (contoh: berapa polusi udara, dan kebisingan suara yang timbul dari inovasi yang Anda buat, membantu nelayan melaut, atau membantu menjaga kelestarian terumbu karang, dll)

  • Aspek Kemudahan Realibilitas

Penilaian juga berdasarkan kemudahan inovasi Anda diterapkan di kehidupan masyarakat Indonesia dan/atau ketersedian sumber daya alamnya di bumi Indonesia.

Format penulisan naskah karya inovasi:

  • Halaman depan (judul inovasi, nama, instansi pendidikan)
  • Abstrak (maksimal 200 kata)
  • Latar Belakang dan/atau pendahuluan (berisi latar belakang dari inovasi yang Anda buat, ucapan terima kasih, dll)
  • Deskripsi Inovasi (tempat untuk melampirkan gambar teknik, perhitungan analitik, hasil penelitian/observasi, perbandingan dengan inovasi sebelumnya atau hal-hal lain yang membantu Anda untuk mendeskripsikan inovasi Anda)
  • Kegunaan (berisikan prediksi Anda tentang perubahan apa yang akan terjadi akibat inovasi yang telah Anda buat, dan signifikansinya untuk Negara di segala bidang)
  • Penutup
  • Curriculum Vitae (CV) tiap anggota kelompok
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi