Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Nordic : Target Energi Terbarukan

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Negara Nordic

Seorang mahasiswa melakukan penelitian di Denmark (picasa)

Swedia merupakan negara pertama di dunia yang membebankan pajak karbon dioksida pada 1981. Ia memberlakukannya pada industri dan rumah tangga. Swedia memiliki visi bebas karbon pada 2050. Fokusnya pada sektor transportasi dengan meningkatkan persentase energi terbarukan hingga 10 persen pada 2020, dan memakai mobil yang tidak berbahan bakar fosil pada 2030.

Finlandia meningkatkan persentase energi terbarukan hingga 38 persen pada tahun 2020. Ia pun menargetkan penurunan emisi minimal 80 persen dari 1990 pada 2050.

Norwegia adalah produsen energi air terbesar keenam. Ia ingin memenuhi komitmennya terhadap Perjanjian Kyoto dengan memangkas 30% persen emisi gas rumah kaca dibandingkan 1990 pada 2020. Norwegia berencana menjadi negara yang bebas karbon pada 2030.

Denmark terkenal dengan energi anginnya. Kini, ia sudah mandiri energi dengan 25 sampai 30 persen listriknya dipasok dari energi angin.

Islandia mendapatkan 82 persen kebutuhan energinya dari sumber energi panas bumi. Saat ini, sekitar 97 persen perumahan di Islandia telah menggunakan pemanas yang berasal dari panas bumi. Pemanas ini biasa digunakan untuk menghangatkan rumah mereka.

Sumber: examiner

.
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi