Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine


Your API connection setting not working. try to change setting from module option or check your php.ini settings for(cURL support = enabled OR allow_url_fopen = On)

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar bentuk energi baru yang dapat dimanfaatkan

TOPIC: Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator

Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator 20 Sep 2010 04:00 #237

Tugas Topik Khusus A
Fikri Ferdiana
13307109

Magnetic Energy Generator


Magnet memang menjadi bagian penting dalam sebuah sistem pembangkitan listrik, apapun itu sumber energi pembangkitnya baik pembangkit listrik tenaga air (PLTA), pembangkit listrik tenaga uap (PLTU), pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU), pembangkit listrik tenaga angin, dan beberapa jenis pembangkit listrik lainnya. Mungkin hanya pembangkit listrik tenaga surya (solar cell) serta pembangkit listrik dari fuel cell yang sama sekali tidak menggunakan komponen magnet dalam sistem pembangkitan listriknya, karena listrik langsung dihasilkan melalui proses fisis dan kimiawi pada material yang digunakannya.
Magnet dalam sebuah sistem pembangkitan terdapat pada bagian generator, di mana generator ini dapat menghasilkan listrik oleh putaran yang bersamaan dengan putaran turbin dengan adanya bantuan sumber-sumber energi seperti energi potensial air, angin, uap, dan lain sebagainya. Namun ternyata magnet juga dapat menjadi sumber energi penggerak bagi generator itu sendiri.


Hoax kah??

Pembangkit listrik tenaga magnet, inilah ide yang diciptakan cukup banyak peneliti di Amerika dan Eropa di mana mereka menyebutnya sebagai free energy generator karena tidak memerlukan energi/biaya yang cukup banyak untuk menghasilkan listrik serta dapat berlangsung secara terus-menerus pada waktu yang lama. Prinsip kerjanya cukup sederhana, yaitu memanfaatkan gaya dari arah flux magnetik yang berlawanan sebagai sumber energi yang dapat membuat magnet lainnya bergerak. Jika flux magnet yang berlawanan tersebut disusun dari beberapa buah magnet sedemikian rupa sehingga magnet-magnet yang berfungsi sebagai stator memicu pergerakan dari magnet-magnet lainnya yang berfungsi sebagai rotor. Kemudian dari bagian rotor ini dapat disambungkan dengan bagian dari magnet lainnya yang berfungsi sebagai generator walaupun sebenarnya magnet rotor tersebut juga bisa sekaligus sebagai generator.

Salah satu penelitian yang cukup berhasil adalah oleh tim Jean-Louis Naudin yang membuat sistem Mini Romag Generator. Mereka mengklaim bahwa ciptaannya dapat menghasilkan listrik hingga 24 Watt. Alat yang mereka buat menggunakan konsep yang sama dengan konsep dasar pembangkit listrik tenaga magnet sederhana, namun perbedaannya adalah pada magnet bagian stator yang digantikan oleh coil/lilitan tembaga yang dialiri arus listrik sehingga dapat juga menimbulkan flux medan magnet. Pada awalnya rotor harus diputar secara manual atau dengan bantuan motor, sehingga listrik dapat dihasilkan dan pada coil stator timbul flux medan magnet. Selanjutnya gerakan pemicu putaran dari motor maupun secara manual dapat dihilangkan karena flux medan magnet dari coil stator sudah dapat memutar rotor dengan sendirinya. Proses ini menghasilkan listrik secara terus-menerus selama tidak ada gangguan luar dan magnet masih dalam kondisi baik. Sistem ini bisa juga berfungsi sebagai motor tanpa sumber tenaga listrik.

Kendala
Terdapat beberapa kendala dalam penelitian mengenai free energy generator ini, di antaranya adalah:
1. Masih sulitnya magnet yang berukuran relatif kecil dan ringan, tetapi memiliki kekuatan flux magnet yang sangat kuat. Kalaupun ada, harganya sangat mahal.
2. Tidak adanya magnet monopole, untuk mendapatkan putaran yang optimal maka berdasarkan teori, magnet yang digunakan haruslah monopole. Beberapa penelitian sudah dilakukan untuk membuat magnet monopole, namun hasilnya masih belum efektif.
3. Daya yang dihasilkan masih kecil sehingga tidak efektif untuk pembangkit listrik dalam skala besar.
Manfaat
Walaupun memiliki cukup banyak kendala, pemangkit listrik tenaga magnet ini jika berhasil, maka nantinya akan sangat efektif sebagai pembangkit listrik yang sifatnya portable. Oleh karena itu generator ini sangat cocok untuk dibawa bepergian seperti camping ke daerah yang sulit mendapatkan aliran listrik, walaupun cocok juga untuk digunakan sebagai sumber listrik pencahayaan di rumah. Ide ini juga bisa dijadikan sebagai kipas angin tanpa energi listrik.

Perihal pembangkitan energi dari magnet ini pernah saya bicarakan dengan ahli magnet di Indonesia (Pak Suyatman), menurut beliau hal ini sangat mungkin untuk diwujudkan. Tetapi kendalanya memang karena sulitnya menemukan magnet permanen yang kekuatannya sangat kuat dan ukurannya tidak terlalu besar. Jikapun ada harganya sangat mahal.
Divisi SHOPING HMFT juga pernah ada wacana untuk membuat penelitian mengenai pembangkit listrik tenaga magnet ini.

Mampir ke thread saya yah:
Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Re:Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator 20 Sep 2010 15:59 #251

S7, memang benar energi medan magnet dapat digunakan untuk membangkitkan energi listrik, tetapi dengan berbagi kendala, sperti tidak adanya magnet kecil dengan fluks tinggi..

Jika hmft berniat membuat yang seperti ini, magnet dari harddisk komputer yang sudah tidak digunakan juga dapat dimanfaatkan, terdapat maget beukuran kecil namun kekuatannya tinggi..
Save Energy Save Money

Re:Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator 21 Sep 2010 03:16 #262

Justin Pradipta wrote:
S7, memang benar energi medan magnet dapat digunakan untuk membangkitkan energi listrik, tetapi dengan berbagi kendala, sperti tidak adanya magnet kecil dengan fluks tinggi..

Jika hmft berniat membuat yang seperti ini, magnet dari harddisk komputer yang sudah tidak digunakan juga dapat dimanfaatkan, terdapat maget beukuran kecil namun kekuatannya tinggi..

Wah betul sekali mas kendalanya memang itu.
Mengenai hardisk komputer, saya pernah mencobanya waktu ikut lomba PKM kemarin untuk membuat generator energi laut. Karena pole (kutub) dari hardisk magnet punya empat (atas dan bawah) jadi aga sulit digunakan walaupun sangat kuat. Saya pernah tanya Pak Suyatman mengenai magnet Hardisk, katanya memang agak sulit digunakan sebagai generator karena arah fluksnya yang berbeda dengan magnet batang (saya lupa bahasanya) .

Di Bandung sebenarnya ada pusat magnet kok. Banyak jenisnya ada bekas speaker, hardisk, dll. Harganya bervariasi Rp 5rb-Rp100rb tergantung kekuatannya.
Mampir ke thread saya yah:
Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Re:Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator 22 Sep 2010 23:38 #342

wow, bahasan yang cukup menarik sekali...
ayo teliti lagi lebih dalam kk...
kalo bisa mungkin kita bisa membangkitkan listrik tanpa biaya sama sekali, jadi cocok untuk aplikasi di pedalaman indonesia...

Re:Pembangkit Listrik Tenaga Magnet - Free Energy Generator 23 Sep 2010 18:53 #387

terima kasih untuk infonya
saya mau nanya dong saudara
Fikri kekuatan magnetnya berapa untuk menghasilkan berapa (contohnya aja)?
yah kalau pertanyaannya susah dimengerti mungkin effisiensinya?
Time to create page: 0.23 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF
Banner