Majalah Energi

sustainable energy monthly magazine

Welcome, Guest
Username Password: Remember me

Energi Bunyi Sebagai Alternatif Energi Masa Depan
(1 viewing) (1) Guest
Diskusi seputar bentuk energi baru yang dapat dimanfaatkan
  • Page:
  • 1

TOPIC: Energi Bunyi Sebagai Alternatif Energi Masa Depan

Energi Bunyi Sebagai Alternatif Energi Masa Depan 27 Sep 2010 20:34 #539

Bising adalah polusi bunyi yang pada umumnya terjadi pada daerah-daerah pemukiman yang padat, kawasan industry dll. Oleh karena itu bising yang merupakan energi bunyi yang terbuang, biasanya ditekan serendah-rendahnya. Efek psikologis dan kesehatan yang ditimbulkan oleh bising antara lain tuli, merasa tertekan, hipertensi dll. Untuk mencegah hal-hal tersebut, pekerja yang berada di daerah bising pada umumnya diwajibkan memakai pelindung dan jam kerja mereka pada umumnya diatur.
Sebagai salah satu bentuk energi, bising dapat dimanfaatkan untuk kebaikan orang banyak. Namun penggunaan tersebut masih dalam skala kecil. Hambatan dalam penggunaan energi bising ini antara lain kekoknsistenan dari sumber energi bising. Untuk kawasan industri yang mengoperasikan mesin-mesin secara terus-menerus, kebisingan relative konstan. Namun untuk pemakaian di jalan raya yang hanya padat pada saat-saat tertentu saja, hal ini masih sulit dilakukan karena kebisingan bersifat fluktuatif. Solusi untuk permasalahan ini antara lain adalah mengefektifkan komponen penyimpanan energi.
Salah satu pemanfaatan energi bising adalah pada Sound-Driven Piezoelectric Nanowire. Penelitian ini dilakukan oleh beberapa peneliti asal Korea Selatan. Pengembangan penelitian ini nantinya memungkinkan kita untuk mengobrol lewat telephone sepuasnya tanpa khawatir kehabisan batere karena suplai energi akan diperoleh dari energi suara pembicaraan kita dan suara lain yang ada di sekitar kita seperti suara bising yang dihasilkan oleh kendaraan yang melintas. Speaker yang terdapat pada telephone akan mengubah energi suara yang diterima menjadi energi listrik.
Alat ini menggunakan suatu perangkat konversi energi berupa piezolektrik. Piezoelektrik menurut ensiklopedi bebas Wikipedia adalah suatu kemampuan yang dimiliki sebagian kristal maupun bahan-bahan tertentu lainnya yang dapat menghasilkan suatu arus listrik jika mendapatkan perlakuan tekanan. Bunyi adalah suatu getaran mekanis yang merambat pada suatu medium dalam bentuk gelombang. Bentuk gelombang yang dimiliki oleh bunyi adalah bentuk gelombang longitudinal. Gelombang bunyi ini dapat menghasilkan tekanan yang biasanya diukur dalam skala desibel (db). Tingkat tekanan suara (Sound Pressure Level) menunjukkan seberapa besar perubahan tekanan yang dialami oleh medium (pada umumnya udara) dari kondisi setimbangnya. Tekanan bunyi ini dimanfaatkan untuk menekan substrate PES dan PdAu yang akan mengahasilkan elektron. Elektron ini akan dialirkan ke ZnO nanowires ke GaN. Aliran listrik ini akan digunakan sebagai sumber energi dari telephone. Mode AC dari piezoelektrik ini adalah ketika tekanan suara diberikan maka electron akan bergerak ke bagian bawah dan ketika tekanan tidak diberikan maka elektron akan mengalr sebaliknnya sehingga akan menghasilkan arus bolak-balik.
piezo.jpg

bentuk piezoelektrik

Penelitian lain mengenai pemanfaatan energi bunyi dilakukan oleh seorang professor dari University of Utah bernama Orest Symko. Dia memanfaatkan energi bunyi yang berasal dari udara untuk mengubahnya menjadi energi listrik. Prosesnya adalah sebuah silinder ditempatkan di antara hot heat exchanger dan cold heat exchanger. Kemudian panas diberikan sehingga udara akan mengalir dan akan mengeluarkan suara dengan frekeunsi tertentu. Adanya frekeunsi ini akan mengakibatkan terjadinya fenomena resonansi. Resonansi merupakan proses bergetarnya suatu benda dikarenakan ada benda lain yang bergetar, hal ini terjadi dikarenakan suatu benda bergetar pada frekeunsi yang sama dengan frekeunsi benda yang terpengaruhi. Frekeunsi ini akan mengakibatkan silinder bergerak dan menekan piezoelektrik dan akan mengahasilkan energi listrik.
Energi bunyi atau bising merupakan salah satu sumber energi alternatif untuk masa depan. Namun pemanfaatannya membutuhkan penelitian lebih lanjut agar efisiensinya semakin meningkat. Bentuk energi ini boleh dibilang bersih karena tidak mencemari udara lingkungan.

Sumber:
dosen.tf.itb.ac.id/jsarwono/2008/12/19/t...ound-pressure-level/
onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/adma.201001169/pdf
www.sciencedaily.com/releases/2007/06/070603225026.htm
news.discovery.com/tech/cell-phone-conversation-power.html
klikbelajar.com/pelajaran-sekolah/pelaja...ar-fisika-resonansi/
id.wikipedia.org/wiki/Piezoelektrik

Re:Energi Bunyi Sebagai Alternatif Energi Masa Depan 27 Sep 2010 21:06 #546

teriak2 ternyata bs jadi sumber energi yaaah..

manrik skali bung tito

kira2 brp konversinya dari sekian dB menghasilkan energi skian watt??
makasi

Re:Energi Bunyi Sebagai Alternatif Energi Masa Depan 28 Sep 2010 14:23 #587

artikel yang cukup menarik, tapi boleh dilampirkan juga tidak jenis dari piezoelektrik yang digunakan??karena kalau tidak salah piezoelektrik yang digunakan sebagai pemanfaatan gelombang suara berbeda sekali dengan piezoelektrik biasa yang digunakan saat ini
  • Page:
  • 1
Time to create page: 0.11 seconds
Joomla SEO powered by JoomSEF

Majalah

Lihat edisi